Harga Karet Tocom Akhir Pekan Tertekan Kuatnya Kurs Yen

1289

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet berjangka Jepang perdagangan akhir pekan (16/02) anjlok dari posisi harga sebelumnya oleh kuatnya kurs yen Jepang dan rally harga minyak mentah yang masih berlangsung. Sentimen kenaikan yen dan harga minyak dunia selalu melemahkan harga karet.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak bulan Juli 2018 siang ini bergerak turun sebesar 6,2 yen atau 3 persen pada posisi 179,8 yen, perdagangan sebelumnya ditutup pada 186,0 yen yang menunjukkan kenaikan harga.

Terpantau nilai mata uang Yen Jepang mengalami penguatan 1,18 persen pada 105.74, demikian juga harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate naik 1,86%  menjadi $61,61per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya  berpotensi lemah oleh kedua sentimen diatas.  Perdagangan selanjutnya harga karet mengetes kisaran support di 178 hingga 175 yen, dan jika naik kembali akan mendaki ke posisi 187 hingga 190 yen.

Jul Allens, Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here