Survey Penjualan Eceran Februari Naik

614

(Vibiznews – Banking)  –  Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Bank Indonesia maka Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan peningkatan kinerja penjualan eceran pada Februari 2018 baik secara bulanan (mtm) maupun secara tahunan (yoy). Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tumbuh 1,5% (yoy), meningkat dari -1,8% (yoy) pada bulan sebelumnya. Peningkatan penjualan terutama terjadi pada kelompok barang lainnya, terutama subkelompok komoditas sandang yang meningkat hingga 10,2% (yoy).

Penjualan eceran diperkirakan terus meningkat pada Maret 2018 dengan pertumbuhan IPR sebesar 1,7% (yoy). Peningkatan penjualan masih didorong oleh pertumbuhan penjualan kelompok barang lainnya, terutama subkelompok komoditas sandang yang tumbuh hingga mencapai 11,5% (yoy).

Hasil survei juga mengindikasikan peningkatan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam 3 bulan mendatang (Mei 2018). Indikasi tersebut tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan menjadi 164,0 dari 155,1 pada bulan sebelumnya. Tekanan harga diperkirakan kembali menurun dalam 6 bulan mendatang sebagaimana terindikasi dari nilai IEH 6 bulan mendatang sebesar 149,2 lebih rendah dari 161,5 pada bulan sebelumnya.

 

 

 

Sumber : Bank Indonesia

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here