Gubernur BI Ajak Pelajar Kenali Ekonomi dan Keuangan Digital.

797

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Perkembangan teknologi yang terjadi telah memberikan kemudahan masyarakat dalam bertransaksi. Teknologi sistem pembayaran secara digital mendorong transaksi berjalan secara lebih cepat dan efisien. Gubernur Bank Indonesia (BI) melalui kegiatan BI Mengajar ajak pelajar mengenali ekonomi dan keuangan digital, dengan tema “Peran BI sebagai Bank Sentral dalam Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan di Indonesia yang diselenggarakan di SMAN Unggulan M. H. Thamrin, Bambu Apus, Jakarta, pada hari ini (05/08). Kegiatan BI mengajar merupakan salah satu wujud sumbangsih BI terhadap kemajuan dunia pendidikan, , sekaligus menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BI ke-66 dan HUT Republik Indonesia ke-74,demikian dilansir dari Bank Indonesia.

Untuk mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan digital, sebagai otoritas yang bergerak di bidang Sistem Pembayaran, BI telah meluncurkan 5 (lima) visi sistem pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yaitu i) mendukung integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional, ii) mendukung digitalisasi perbankan, iii) menjamin interlink fintech dengan perbankan, iv) menjamin keseimbangan antara inovasi dan stabilitas, dan v) menjamin kepentingan nasional dalam transaksi crossborder. Demikian disampaikan Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam kegiatan BI Mengajar tersebut.

Pada waktu yang bersamaan, Deputi Gubernur BI, Sugeng, melalui kegiatan BI Mengajar juga turut membagikan ilmu seputar ekonomi dan keuangan digital kepada pelajar di Pesantren Minhaajur Rosyidiin, Cipayung, Jakarta. BI Mengajar dilaksanakan di 66 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah kerja BI, baik di Kantor Pusat maupun di Kantor Perwakilan Dalam dan Luar Negeri, dan menghadirkan Dewan Gubernur serta jajaran pimpinan BI sebagai narasumber. Adapun yang menjadi target pembelajaran kegiatan BI Mengajar adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan komunitas masyarakat (a.l pesantren, komunitas keagamaan, dan himpunan pelajar). Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat terkait peran dan tugas BI, khususnya dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan keuangan.

 

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor : Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here