Mengapa EUR/USD Terus Tertekan Dibawah 1.1100?

795

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan dibawah 1.1100 dengan ketidakpastian disekitar ketegangan perdagangan AS-Cina mendominasi dan kurva imbal hasil AS tetap berada dalam posisi yang terbalik (inversi). Politikus Itali menghadapi tenggat waktu untuk membentuk pemerintahan yang baru.

Laporan-laporan menunjukkan bahwa Cina semakin susah untuk mempercayai Presiden AS Donald Trump dan EUR/USD menemukan kesulitan untuk mengambil keuntungan atas berita-berita sedemikian.

Bloomberg melaporkan bahwa klaim Trump yang terakhir bahwa “Cina menelpon” mengejutkan Beijing dan memperdalam ketidak percayaan bahwa suatu kesepakatan bisa dicapai dengan Presiden ini. Sementara negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini terus melanjutkan pembicaraannya dengan yang terbesar – Cina sedang mempersiapkan skenario yang terburuk menurut laporan ini.

Kemunduran sebelumnya di dalam hubungan AS-Cina mendorong para investor ke obligasi AS yang aman – yang berarti menaikkan kemungkinan untuk terjadinya pemangkasan tingkat suku bunga – dan mendorong dolar AS turun. EUR/USD melompat pada hari Jumat ketika kedua negara ini mengumumkan tarif yang baru.

Namun, EUR/USD gagal untuk mengambil keuntungan dari pertikaian yang terbaru. Pasar secara bertahap sampai kepada keyakinan bahwa perang dagang ini juga telah memberikan dampak yang merusak terhadap Jerman – yang bergantung berat atas ekspor ke Cina.

Ketika suatu matauang tidak lagi bisa mengalami kemajuan karena berita baik – matauang ini kemungkinan akan jatuh secara signifikan ketika berita buruk datang.

5 Star Movement dan Partai Demokrat mencoba untuk mencapai kesepakatan untuk membentuk suatu pemerintahan baru dengan tenggat waktu berakhir kemarin. Koalisi ini akan lebih bersahabat terhadap Uni Eropa daripada yang lalu. Itali adalah negara ketiga terbesar di zona Euro dan memiliki beban hutang yang tinggi.

Namun, negosiasi koalisi yang berhasil sudah diperhitungkan di dalam harga – dan hanya ada penurunan bagi euro dalam hal Itali pergi ke tempat pemungutan suara – dengan Salvini yang bersiap untuk menang.

Secara tehnikal, “support” awal menunggu di 1.1084 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1050 dan kemudian 1.1027 dan 1.1000. Sedangkan “resistance” awal menunggu di 1.1115 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1130 dan kemudian 1.1165.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here