Meskipun Penjualan Ritel Zona Euro Jatuh, EUR/USD Berhasil Naik Ke Atas 1.10

713

(Vibiznews-Forex) Penjualan ritel zona euro jatuh di bulan Juli disebabkan karena penurunan di dalam penjualan pakaian, menurut data terbaru yang dipublikasikan oleh EU’s statistics agency, Eurostat, pada hari Rabu.

Penjualan ritel yang dirilis oleh Eurostat adalah ukuran perubahan di dalam sektor penjualan ritel zona Euro, yang menunjukkan performance dari sektor ritel dalam jangka pendek. Persentase perubahan merefleksikan tingkat perubahan dari penjualan yang demikian. Perubahannya secara luas diikuti sebagai indikator untuk belanja konsumen. Biasanya, pertumbuhan ekonomi yang positip mengantisipasi “bullish” bagi euro, sementara angka yang rendah dipandang negatif, atau “bearish” untuk EUR.

Penjualan ritel pada blok 19 negara ini jatuh sebesar -0.6% m/m pada bulan Juli dibandingkan dengan +1.2% yang terlihat pada bulan Juni. Secara hitungan tahunan, Penjualan Ritel zona euro hanya naik 2.2% pada bulan pelaporan, turun dari sebelumnya +2.8%.

Pasangan EUR/USD ini memperpanjang mode pemulihannya diatas batas 1.10 meskipun terjadi kejatuhan di dalam penjualan eceran zona euro dan komentar dari calon presiden ECB Lagarde yang “dovish”, dengan melemahnya dolar AS secara luas terus memberikan tekanan naik terhadap pasangan matauang ini.

Secara tehnikal, “support” awal menunggu di 1.0925 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.0839 dan kemudian 1.0569. Sedangkan “resistance” awal menunggu di 1.1044 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1095 dan terakhir 1.1163.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here