Seberapa Jauh GBP/USD Bisa Naik Dengan Memudarnya Brexit Tanpa Kesepakatan?

854

(Vibiznews-Forex) Poundsterling terus naik – mungkin seperti “ayam yang terklorinasi” setelah House of Common menyetujui undang-undang yang akan mencegah Brexit yang tanpa kesepakatan. Rancangan undang-undang ini kemungkinan akan disetujui oleh House of Lords pada hari Jumat dan menjadi undang-undang oleh Royan Assent pada hari Senin. Partai oposisi tetap bersatu dan berdeterminasi – dan pasar menyukainya. Berkurangnya prospek Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan telah mengirim GBP/USD naik 300 pips dari kerendahannya.

Istilah “Ayam yang terklorinasi” yang disebutkan diatas adalah istilah yang perdana menteri Boris Johnson gunakan melawan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn karena menolak untuk mendukung undang-undang untuk pemilihan yang baru. Johnson berkata bahwa oposisi tidak pernah menolak kemungkinan untuk menggantikan pemerintah dan bahwa Corbyn takut kalah. Pemimpin oposisi ini dan rekan-rekannya berkata bahwa mereka telah hilang kepercayaan terhadap perdana menteri dengan dia bisa mengubah tanggal pemilihan setelah undang-undang diloloskan, dengan demikian memaksa Brexit yang keras.

Pemerintah menawarkan pemilihan pada tanggal 15 Oktober, dua hari menjelang pertemuan tingkat tinggi para pemimpin Uni Eropa dan 16 hari menjelang tenggat waktu Brexit. Partai Buruh secara internal mendiskusikan tanggal – sebelum atau setelah tanggal 31 Oktober – sementara kampanye secara praktis sedang berlangsung.

Sementara politik Inggris sangat hidup dan bervariasi, kepala negosiasi Uni Eropa Michel Barnier dilaporkan telah memberitahukan diplomat bahwa “Pembicaraan Brexit berada dalam kondisi yang lumpuh”. Komentar dari negarawan Perancis ini dikeluarkan setelah berlangsungnya pertemuan enam jam antara David Frost, delegasi khusus dari Johnson dengan mitra dari Uni Eropanya. Perkataannya membantu meyakinkan para pemberontak Tory bahwa Perdana Menteri tidak jujur dalam hal menjanjikan kesepakatan yang baru.

Secara tehnikal, “support” awal menunggu di 1.2312 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.2270 dan kemudian 1.2205. Sedangkan “resistance” awal menunggu di 1.2376 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2459 dan kemudian 1.2547.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here