Harga Minyak Kuartal Ketiga Anjlok; Bagaimana Prospek Selanjutnya?

943

(Vibiznews – Commodity) Harga Minyak turun pada akhir perdagangan akhir September pada Senin (30/09) karena prospek ekonomi China tetap lemah di tengah perang perdagangan yang sedang berlangsung dengan Amerika Serikat dan kekhawatiran pasar akan kekurangan pasokan dan konflik di Timur Tengah mereda pasca serangan 14 September di Arab Saudi.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun $ 1,84, atau 3,3%, menjadi $ 54,07 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun $ 1,16, atau 1,9%, pada $ 60,75 per barel.

Kedua tolok ukur berada di jalur untuk sedikit perubahan harga pada bulan September setelah bulan yang bergejolak di mana harga melonjak hampir 20% setelah serangan yang mengurangi separuh produksi Arab Saudi, tetapi telah memangkas hampir semua kenaikan tersebut karena produksi telah dengan cepat dikembalikan.

Namun untuk kuartal ketiga ini, patokan global Brent ditetapkan untuk kerugian 8,6%, sementara WTI turun sekitar 6,1%, karena kekhawatiran bahwa perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China telah menurunkan pertumbuhan ekonomi global ke level terendah dalam satu dekade sehinga menekan pertumbuhan permintaan minyak.

Saudi Aramco pekan lalu mengembalikan kapasitas penuh ke tingkat sebelum serangan terhadap fasilitas minyaknya, Ibrahim Al-Buainain, kepala eksekutif dari lengan perdagangannya, mengatakan pada hari Senin di sebuah konferensi di Uni Emirat Arab.

Pengekspor minyak utama dunia Arab Saudi telah memulihkan kapasitas menjadi 11,3 juta barel per hari (bph) setelah serangan itu meruntuhkan 5,7 juta bph dari hasil kerajaan, sumber mengatakan kepada Reuters pekan lalu, meskipun Saudi Aramco belum mengkonfirmasi operasinya telah dipulihkan sepenuhnya.

Kekhawatiran pasar tentang meningkatnya ketegangan yang lebih luas di Timur Tengah setelah Arab Saudi dan Amerika Serikat menyalahkan serangan terhadap Iran, juga agak mereda, mengurangi tekanan pada harga, kata para analis.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, sering disebut sebagai MBS, mengatakan dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu bahwa ia akan lebih memilih solusi politik daripada solusi militer dalam menanggapi serangan.

Namun dia memperingatkan harga minyak bisa melonjak ke “angka yang sangat tinggi” jika dunia tidak bersama-sama menghalangi Iran.

Harga minyak kemungkinan akan tetap stabil tahun ini, sebuah survei Reuters menunjukkan, dengan guncangan pasokan seperti serangan terhadap Arab Saudi melawan permintaan yang lesu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik setelah merosot akhir September dengan optimisme negosiasi dagang AS-China. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 53,50-$ 53,00, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,50-$ 55,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here