Harga Karet Turun Sedikit Karena Meluasnya Perang Dagang AS

1272

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet di TOCOM turun sedikit pada penutupan hari Selasa, karena kekhawatiran makin meluasnya  perang dagang setelah Presiden Donald Trump mengenakan tariff import untuk Brazil dan Argentina.

Harga karet Mei di TOCOM turun 0.3 yen menjadi 189.0 yen ($1.74) per kg.

Harga karet Mei di Shanghai Futures Exchange naik 75 yuan menjadi 12,745 yuan ($1,810.65) per ton. Harga karet Cina TSR 20 naik 135 yuan menjadi 10,730 yuan per ton.

Harga karet menguat selama dua bulan terakhir karena harganya sudah terlalu rendah. Para investor akan menutup posisinya sebelum tanggal 15 Desember ketika tambahan tariff terhadap impor Cina berdampak ke harga karet.

Harga karet Januari di SICOM Exchange, Singapura naik 0.6% menjadi 141.4 sen perkg.

Presiden AS Donald Trump pada hari Senin mengumumkan untuk mengenakan tariff untuk import besi dan aluminium dari kedua negara Amerika Latin, Brazil dan Argentina.

AS akan memaksakan pengenaan tariff 15% atas $156 milyar produk impor Cina pada 15 Desember. Jepang sedang mempersiapkan paket stimulus ekonomi sebesar $120 milyar untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang rapuh untuk membiayai pembiayaan yang umum.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here