Harga Minyak Menuju Kenaikan Mingguan

1554

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak jatuh pada hari Jumat (06/12), tetapi mengalami kenaikan mingguan menjelang pertemuan OPEC dengan OPEC+ yang dimulai Jumat di Wina.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu-sekutu termasuk Rusia – sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC + – sepakat pada hari Kamis untuk lebih banyak pengurangan produksi untuk mencegah kelebihan pasokan karena pertumbuhan ekonomi mandek di tengah perang perdagangan AS-China.

Tetapi OPEC berhenti melakukan tindakan penjaminan setelah bulan Maret dan analis mempertanyakan dampak dari pembatasan terbaru.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate turun 33 sen menjadi $ 58,10 per barel. WTI diperkirakan naik hampir 6% dalam seminggu.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 18 sen pada $ 63,21, tetapi akan naik 1,5% pada minggu ini.

Pemotongan tahun depan akan memperluas perjanjian yang ada dengan tambahan pemangkasan 500.000 barel per hari (bph) pada kuartal pertama tahun depan, melalui kepatuhan yang lebih ketat dan beberapa penyesuaian. Perjanjian OPEC saat ini adalah pengurangan pasokan 1,2 juta barel per hari dan jumlah yang meningkat mewakili sekitar 1,7% dari produksi minyak global.

OPEC kemungkinan memikul 340.000 barel per hari dalam pemotongan baru dan produsen non-OPEC 160.000 barel per hari, satu sumber mengatakan pada hari Jumat.

Setiap kenaikan harga dari penurunan produksi OPEC + kemungkinan akan menguntungkan produsen Amerika yang tidak ikut serta dalam perjanjian pembatasan pasokan. Pengebor Amerika telah memecahkan rekor produksi bahkan ketika mereka memotong jumlah kilang minyak dalam operasi, mengisi celah pasokan global.

Harga minyak yang lebih tinggi juga mendukung penawaran umum perdana perusahaan minyak milik negara Arab Saudi, Saudi Aramco, yang memberi harga sahamnya pada hari Kamis di atas kisaran yang ditunjukkan.

Penjualan tersebut merupakan penawaran umum perdana (IPO) terbesar di dunia, mengalahkan daftar $ 25 miliar Alibaba Group Holdings pada tahun 2014, tetapi gagal mendapatkan valuasi $ 2 triliun untuk Aramco yang dicari oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Analyst  Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi naik jika kesepakatan antara OPEC dan Rusia untuk tambahan pemotongan produksi sebesar 500.000 barel per hari resmi ditandatangani. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 58,60-$ 59,10, namun jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 57,60-$ 57,10.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here