Menantikan Data Tenaga Kerja AS – Market Mover 30 Juni 2021 by Asido Situmorang

552

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global pekan ini akan mencermati data penting tenaga kerja AS yang akan mempengaruhi pergerakan pasar global.

Data Initial jobless claim akan dirilis pada Kamis malam, yang diindikasikan menurun.
Data Unemployment Rate bulan Juni akan dirilis pada Jumat malam, yang diindikasikan terjadi penurunan.
Data Non Farm Payrolls bulan Juni juga akan dirilis pada Jumat malam, yang diindikasikan terjadi peningkatan.

Tanda-tanda kekuatan di pasar tenaga kerja AS dapat menambah dorongan bagi The Fed AS untuk bergerak lebih cepat pada kenaikan suku bunga, dan sebaliknya jika data meleset dari ekspektasi.

Bagaimanakah pengaruh pergerakan data tenaga kerja AS bagi pasar global?

Dari pasar Forex, Dolar AS bertahan pada kenaikan baru-baru ini pada hari Rabu menjelang rilis data pekerjaan AS yang dipandang penting bagi prospek kebijakan moneter Federal Reserve. Indikasi penguatan pasar tenaga kerja AS yang menambah dorongan bagi The Fed untuk bergerak lebih cepat pada kenaikan suku bunga, dan mengangkat dolar AS. Kenaikan dolar AS menekan mata uang saingan dolar lainnya.

Dari pasar Index, bursa saham global masih bergerak mixed. Namun jika data tenaga kerja AS terealisir kuat, akan menguatkan bursa saham AS dan mendorong kenaikan bursa global lainnya seperti bursa Asia dan Eropa.

Dari pasar komoditas, prospek positif data tenaga kerja AS dan penguatan dolar AS menekan harga emas. Sedangkan harga minyak bergerak naik terbantu penurunan pasokan minyak mentah mingguan AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here