Cadangan Devisa Desember 2021 Tetap Tinggi

445
Sumber: Bank Indonesia

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Bank Indonesia merilis laporan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2021 di mana posisi cadangan devisa Indonesia tetap tinggi sebesar 144,9 miliar dolar AS, meskipun menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir November 2021 sebesar 145,9 miliar dolar AS. Penurunan posisi cadangan devisa pada Desember 2021 antara lain dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,0 bulan impor atau 7,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,”demikian dinyatakan Erwin Haryono, Direktur Eksekutif Bank Indonesia dalam rilisnya kepada media, Jum’at (7/1).

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Analis Vibiz Research Center melihat tetap tingginya posisi cadangan devisa di akhir tahun 2021 ini sebagai hal yang positif bukti kewaspadaan pemerintah untuk menjaga prospek ekonomi di tengah ketidakpastian pasar keuangan global dewasa ini. Seperti disebutkan BI, level cadangan devisa ini mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga stabilitas makroekonomi.

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here