Rekomendasi Emas 23 Februari 2022: Turun Sekalipun Ketegangan Geopolitik Meningkat

1863

(Vibiznews – Commodity) Harga emas jatuh dari ketinggian baru selama beberapa bulan pada hari Selasa, karena aksi ambil untung dan karena dollar AS menguat di tengah naiknya ketegangan geopolitik.

Emas berjangka kontrak bulan April turun $5.50 ke $1,897.70 per troy ons.

Emas berjuang untuk mengkapitalisir keuntungannya dengan harga emas sempat naik ke level tertinggi sejak awal bulan Juni 2021 ke area $1,914, namun gagal. Penurunan harga emas berlanjut selama paruh pertama jam perdagangan sesi Eropa dan membawa harga emas ke bawah $1,900, meskipun penurunan setelah itu kekurangan kekuatan untuk berlanjut. Penurunan harga emas ini disebabkan sebagian oleh karena aksi ambil untung dan sebagian disebabkan karena menguatnya dollar AS karena sentimen pasar yang memburuk ditengah naiknya ketegangan geopolitik Rusia – Ukraina.

Kremlin mengumumkan pada Senin malam bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menandatangani keputusan untuk menyatakan bahwa daerah-daerah dimana sedang terjadi persengketaan di Ukraina Timur, yakni Donetsk dan Luhansk, sebagai bangsa yang independen. Sebagai respon dari pernyataan Kremlin, Gedung Putih, Inggris dan Eropa mengumumkan bahwa mereka akan mengenakan sanksi terhadap Rusia pada hari Selasa.

Meskipun demikian, penurunan harga emas dibatasi oleh karena berbalik melemahnya dollar AS pada jam perdagangan sesi AS dengan turun tajamnya yields treasury AS yang menguntungkan emas.

“Support” terdekat menunggu di $1,885 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,875 dan kemudian $1,845.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,919 dan kemudian $1,930.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido