Rekomendasi Emas 2 Maret 2022: Naik karena Permintaan Safe Haven

1326

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa, karena meningkatnya permintaan safe-haven dengan situasi geopolitik di Rusia – Ukraina tetap menakutkan pasar.

Emas berjangka kontrak bulan April naik $15.60 ke $1,924.30 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Mei naik $0.339 ke $24.705 pertroy ons.

Pasar saham global bervariasi melemah dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Fokus pasar tetap pada peperangan Rusia – Ukraina dan implikasinya terhadap perdagangan dunia.

Laporan mengatakan bahwa Rusia telah meningkatkan kampanye militernya dalam menghadapi Ukraina pada hari Selasa, termasuk mengebom target sipil. Harga minyak mentah Brent sudah mencapai di atas $100 per barel, dengan minyak mentah berjangka Nymex tidak jauh dibelakangnya. Harga gandum berjangka naik membumbung ke ketinggian beberapa tahun.

Sanksi yang berat dari Barat telah melumpuhkan ekonomi Rusia. Ditambah lagi dengan perlawanan yang kuat yang tidak diduga oleh militer Ukraina terhadap aggressor Rusia, dan muka Putin yang dingin, membuat sebagian pakar menyebut Putin sebagai orang gila berdasarkan komentar dan penampilannya di televisi baru-baru ini. Jika publik Rusia yang mengalami demoralisasi menjadi kecewa dengan Putin, pasar bertanya-tanya apakah yang akan dilakukan oleh Putin?

“Support” terdekat menunggu di $1,903 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,895 dan kemudian $1,878.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,935 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,950 dan kemudian $1,975.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido