Rekomendasi Emas 9 Juni 2022: Naik di Tengah Tarik Menarik Bullish vs Bearish

530

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu. Pada pertengahan minggu ini, harga emas relatip stabil ditengah tarik menarik antara elemen bullish dengan aspek bearish. Elemen bullish bagi emas adalah naiknya harga minyak mentah dan masih goyahnya pasar saham AS. Sementara aspek bearish bagi emas adalah naiknya yields obligasi AS dan reboundnya indeks dollar AS belakangan ini.

Emas berjangka kontrak bulan Agustus naik $6.20 ke $1,858.30 per troy ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan saham-saham Eropa kebanyakan turun dan saham-saham Asia kebanyakan naik. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham AS masih sedikit goyah namun secara tehnikal sudah menunjukkan bottom jangka pendek tercapai. Meskipun demikian, belum ada kekuatan tren naik dalam jangka pendek.

Zona Eropa merevisi GDP kuartal pertamanya yang dilaporkan naik 0.6% dari sebelumnya di kuartal keempat tahun lalu versus perkiraan terakhir kenaikan sebesar 0.3%. secara hitungan tahunan, GDP Q1 naik 5.4% versus perkiraan terakhir kenaikan 5.1%.

World Bank telah menurunkan perkiraan pertumbuhan untuk ekonomi global pada tahun ini menjadi 2.9% dari prediksi bulan Januari kenaikan sebesar 4.1% dan perkiraan bulan April kenaikan sebesar 3.2%. Bank Dunia memperingatkan bahwa beberapa tahun ke depan ada bahaya inflasi yang di atas rata-rata dan pertumbuhan ekonomi global di bawah rata-rata.

“Support” terdekat menunggu di $1,838 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,825 dan kemudian $1,800.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,861 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,878 dan kemudian $1,900.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido