Harga Gandum Turun Ke Harga Terendah Sejak Februari

1031

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum turun pada penutupan pasar hari Senin  ke harga terendah sejak Februari 2022 karena tekanan dari hasil panen gandum musim dingin, cuaca kering mulai mereda dan berkurangnya permintaan gandum dari AS. 

 Harga gandum Desember di CBOT turun 19.25 sen (2.02%) menjadi $9.33 per bushel. 

Harga gandum turun pada penutupan pasar hari Senin setelah Laporan Pengiriman Ekspor Mingguan sebesar 352,404 MT gandum yang dikirim sampai 23 Juni naik 4k dari minggu lalau dan 61k MT dari tahun lalu, sehingga akumulasi pengiriman ekspor gandum sebesar 1.34 MMT sampai 23 Juni turun dibanding 1.54 MMT pada tahun lalu. 

Laporan progress pertumbuhan tanaman dari NASS tanaman gandum musim semi sudah bertumbuh 98% sampai 26 Juni. Hanya 8% sudah mulai berbunga dibanding rata-rata 34%. NASS juga melaporkan panen gandum musim dingin sudah selesai 41% naik dari 25% pada minggu lalu, lebih cepat dari rata-rata 35% yang sudah dipanen pada minggu ke 26 . 

Laporan penjualan ekspor mingguan dari USDA pada hari Jumat sebesar 477,776 MT gandum dijual sampai 16 Juni dengan pembeli terbesar dari Jepang dan Mexico sebesar 163k MT naik 57% dari minggu sebelumnya tapi masih turun 10% dari tahun lalu di minggu  

Harga gandum di Chicago turun karena kurs euro menguat terhadap dolar. 

 Gandum di Uni Eropa. 

Harga gandum September di Euronext, Paris ditutup turun 2% menjadi 350 euro per ton setelah sempat menyentuh harga 349.25 euro harga terendah di kontrak terdekat sejak 29 Maret.  

Persediaan meningkat pada musim panen sejak AS dan Eropa melakukan panen sehingga mendorong terjadinya penjualan di pasar berjangka. 

Para pedagang mengkhawatirkan pertumbuhan perekonomian akan turun sehingga harga gandum diperkirakan akan kembali naik karena pembaruan dari persediaan dan permintaan. 

Kenaikan ekspor untuk gandum Perancis menyatakan bahwa permintaan akan gandum Uni Eropa pada musim panas meningkat dengan  permintaan baru dari importir di tengah ketidak pastian berapa ekspor Ukraina dan Rusia yang dapat dikirim pada saat perang dengan adanya sanksi yang diberikan ke Rusia. 

Tekanan mendasar pada saat perang cepat lambat akan membuat pasar menjadi hidup dan Rusia mengambil alih pasar gandum kembali.  

 Pengawas pasar Uni Eropa Mars pada hari Senin memperkirakan hasil panen 2022 sebesar 88.8 juta ton. 

Di Perancis petani sudah menyelesaikan panen gandum 2% dan 26% untuk panen barley sampai 20 Juni menurut FranceAgriMer pada hari Jumat. Panen gandum di Perancis sudah selesai 2% lebih cepat sedikit dari tahun lalu.  

 Diperkirakan badai yang membawa hujan membuat panen melambat pada minggu lalu tetapi menguntungkan bagi tanaman yang sedang bertumbuh di Utara Perancis ditengah badai panas saat ini.  

 Ekspor gandum Rusia sebesar 36 MMT menurut Interfax. Rusia menurunkan perkiraan gandum Ukraina 1.4 MMT menjadi 20.7 MMT, jika terealisasi turun 11.5 MMT dari tahun lalu. 

Pembelian gandum sebesar 495,000 ton dari pembeli Arab Saudi SAGO membuat tender ini menjadi persaingan di  pasar sekarang. 

GASC Mesir mengeluarkan pesanan ke pasar internasional dan hasilnya diharapkan hari Selasa untuk membeli 180k MT gandum dari India pada akhir minggu. 

 Analisa tehnikal untuk gandum dengan suppor pertama di $8.80 dan berikut ke $8.51 sedangkan resistant pertama di $9.82 dan berikut ke $10.44. 

 Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting