Bitcoin sebagai Digital Cash

Dasar dari operasional Bitcoin adalah verifikasi dan karena alasan itu maka Bitcoin menghapuskan kebutuhan akan pihak ketiga.

374
Bitcoin Bertahan Di atas US$ 34.000, Meningkat Lebih Dari 20%

(Vibiznews-Edukasi) Revolusi telekomunikasi global, dimulai dengan produksi komputer pertama yang sepenuhnya dapat diprogram pada 1950-an, telah merambah aspek material kehidupan yang semakin banyak, memberikan solusi rekayasa untuk masalah kuno.

Sementara bank dan perusahaan rintisan (startup) semakin memanfaatkan teknologi komputer dan jaringan untuk pembayaran dan pencatatan, inovasi yang berhasil tidak memberikan bentuk uang baru, dan inovasi yang mencoba menyediakan bentuk uang baru semuanya gagal. Bitcoin mewakili solusi digital pertama untuk masalah uang, dan di dalamnya ditemukan solusi potensial untuk masalah salability, soundness, and sovereignty.

Bitcoin telah beroperasi dengan praktis tanpa kegagalan selama 13 tahun terakhir, dan jika terus beroperasi seperti ini selama 90 tahun ke depan, itu akan menjadi solusi yang menarik untuk masalah uang, menawarkan individu sovereignty atas uang yang tahan terhadap inflasi yang tidak terduga. sementara juga sangat laku melintasi ruang, skala, dan waktu.

Haruskah Bitcoin terus beroperasi seperti yang sudah ada, semua teknologi sebelumnya telah bekerja sebagai uang—kerang, garam, ternak, logam mulia, dan kertas pemerintah—mungkin tampak anakronisme kuno di dunia modern kita—sempoa di samping komputer modern kita.

Kita melihat bagaimana pengenalan metalurgi menghasilkan solusi untuk masalah uang yang lebih unggul daripada manik-manik, kerang, dan artefak lainnya, dan bagaimana munculnya mata uang biasa memungkinkan koin emas dan perak muncul sebagai bentuk uang yang lebih unggul daripada gumpalan uang yang tidak beraturan – logam.

Kita lebih lanjut melihat bagaimana perbankan yang didukung emas memungkinkan emas mendominasi sebagai standar moneter global dan menyebabkan demonetisasi perak.

Dari kebutuhan untuk memusatkan emas, muncullah uang pemerintah yang didukung oleh emas, yang skalanya lebih dapat dijual, tetapi dengan itu datanglah perluasan pasokan uang dan kontrol paksaan yang pada akhirnya menghancurkan soundness, and sovereignty uang.

Setiap langkah, kemajuan teknologi dan kenyataan membentuk standar moneter yang digunakan orang, dan konsekuensinya terhadap ekonomi dan masyarakat sangat besar. Masyarakat dan individu yang memilih standar moneter yang sehat (soundness), seperti Romawi di bawah Kaisar, Bizantium di bawah Konstantinus, atau Eropa dengan standar emas, sangat diuntungkan.

Bitcoin mewakili solusi teknologi baru untuk masalah uang, lahir dari era digital, memanfaatkan beberapa inovasi teknologi yang dikembangkan selama beberapa dekade terakhir dan membangun banyak upaya untuk menghasilkan uang digital untuk memberikan sesuatu yang hampir tak terbayangkan sebelumnya. Telah ditemukan.

Untuk memahami alasannya, kita akan fokus pada properti moneter Bitcoin serta kinerja ekonomi jaringan sejak awal.

Bitcoin sebagai Digital Cash

Untuk memahami pentingnya teknologi untuk uang digital, penting untuk melihat dunia sebelum Bitcoin ada ditemukan. Metode pembayaran dibagi menjadi dua kategori berbeda yang tidak tumpang tindih:

  1. Cash Payment – Pembayaran tunai, yang dilakukan secara langsung antara dua pihak. Pembayaran ini memiliki kemudahan yang bersifat langsung dan final, dan tidak memerlukan kepercayaan dari salah satu pihak yang bertransaksi. Tidak ada penundaan dalam pelaksanaan pembayaran, dan tidak ada pihak ketiga yang dapat secara efektif campur tangan untuk menghentikan pembayaran tersebut.Kelemahan utama mereka adalah kebutuhan dua pihak untuk hadir secara fisik di tempat yang sama pada waktu yang sama, masalah yang menjadi lebih dan lebih menonjol karena telekomunikasi membuat individu lebih mungkin untuk ingin bertransaksi dengan orang-orang yang tidak berada di tempat mereka.
  1. Intermediate Payment – Pembayaran perantara, yang memerlukan pihak ketiga tepercaya, dan terdiri dari cek, kartu kredit, kartu debit, transfer bank, layanan transfer uang, dan inovasi yang lebih baru seperti PayPal. Menurut definisi, pembayaran perantara melibatkan pihak ketiga yang menangani transfer uang antara dua pihak yang bertransaksi.Keuntungan utama pembayaran perantara adalah memungkinkan pembayaran tanpa kedua pihak harus berada di tempat yang sama pada waktu yang sama, dan memungkinkan pembayar melakukan pembayaran tanpa harus membawa uangnya. Kelemahan utama mereka adalah kepercayaan yang diperlukan dalam pelaksanaan transaksi, risiko pihak ketiga dikompromikan, dan biaya serta waktu yang diperlukan untuk pembayaran diselesaikan dan diselesaikan agar penerima dapat membelanjakannya.

Kedua bentuk pembayaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan kebanyakan orang menggunakan kombinasi keduanya dalam transaksi ekonomi mereka.

Sebelum penemuan Bitcoin, pembayaran perantara termasuk (meskipun tidak terbatas pada) semua bentuk pembayaran digital. Sifat objek digital, sejak awal komputer, adalah bahwa mereka tidak langka. Mereka dapat direproduksi tanpa henti, dan karena itu tidak mungkin menghasilkan mata uang darinya, karena mengirimnya hanya akan menduplikasinya.

Segala bentuk pembayaran elektronik harus dilakukan melalui perantara karena bahaya pengeluaran ganda: tidak ada cara untuk menjamin bahwa pembayar jujur ​​dengan dananya, dan tidak menggunakannya lebih dari sekali, kecuali ada pihak ketiga tepercaya yang mengawasi akun dan dapat memverifikasi integritas pembayaran yang dilakukan.

Transaksi tunai terbatas pada ranah fisik kontak langsung, sementara semua bentuk pembayaran digital harus diawasi oleh pihak ketiga.

Setelah bertahun-tahun melakukan percobaan dan kesalahan inovatif oleh banyak pemrogram, dan dengan mengandalkan berbagai teknologi, Bitcoin adalah solusi rekayasa pertama yang memungkinkan pembayaran digital tanpa harus bergantung pada perantara pihak ketiga yang tepercaya. Dengan menjadi objek digital pertama yang sangat langka, Bitcoin adalah contoh pertama dari uang digital.

Ada beberapa kelemahan bertransaksi melalui pihak ketiga tepercaya yang menjadikan uang digital sebagai proposisi yang berharga bagi banyak orang. Pihak ketiga pada dasarnya merupakan kelemahan keamanan tambahan—melibatkan pihak tambahan dalam transaksi Anda secara inheren menimbulkan risiko, karena membuka kemungkinan baru untuk pencurian atau kegagalan teknis.

Selanjutnya, pembayaran melalui perantara membuat rentan terhadap pengawasan dan larangan oleh otoritas politik. Dengan kata lain, ketika menggunakan bentuk pembayaran digital apa pun, tidak ada alternatif selain mempercayai pihak ketiga, dan otoritas politik mana pun yang mengaturnya, dan tunduk pada risiko otoritas politik menghentikan pembayaran dengan dalih keamanan, terorisme, atau pencucian uang.

Lebih buruk lagi, pembayaran perantara selalu melibatkan risiko penipuan, yang meningkatkan biaya transaksi dan menunda penyelesaian akhir pembayaran.

Dengan kata lain, pembayaran perantara mengambil bagian signifikan dari properti uang sebagai alat tukar yang dikendalikan oleh pemiliknya, dengan likuiditas tinggi untuk dia jual kapan pun dia mau. Karakteristik uang yang paling persisten secara historis adalah fungibilitas (unit uang apa pun setara dengan unit lainnya), dan likuiditas (kemampuan pemiliknya untuk menjual dengan cepat pada harga pasar).

Orang memilih uang yang sepadan dan likuid karena menginginkan kedaulatan atas uangnya.

Sementara pembayaran perantara membahayakan beberapa fitur uang yang diinginkan, kekurangan ini tidak ada dalam transaksi tunai fisik. Tetapi karena lebih banyak perdagangan dan pekerjaan terjadi dalam jarak jauh berkat telekomunikasi modern, transaksi tunai fisik menjadi sangat tidak praktis.

Motivasi Satoshi Nakamoto untuk membuat Bitcoin adalah untuk menciptakan “bentuk uang elektronik murni peer-to-peer” yang tidak memerlukan kepercayaan pada pihak ketiga untuk transaksi dan yang pasokannya tidak dapat diubah oleh pihak lain mana pun.

Dengan kata lain, Bitcoin akan membawa fitur yang diinginkan dari uang tunai (kurangnya perantara, finalitas transaksi) ke dunia digital dan menggabungkannya dengan kebijakan moneter ketat yang tidak dapat dimanipulasi untuk menghasilkan inflasi yang tidak terduga.

Nakamoto berhasil mencapai ini melalui pemanfaatan beberapa teknologi penting meskipun tidak dipahami secara luas: jaringan peer-to-peer terdistribusi tanpa satu titik kegagalan, hashing, tanda tangan digital, dan proof-of-work.

Nakamoto menghilangkan kebutuhan akan kepercayaan pada pihak ketiga dengan membangun Bitcoin di atas dasar bukti dan verifikasi yang sangat teliti dan kuat.

Jadi dasar dari operasional Bitcoin adalah verifikasi dan karena alasan itu maka Bitcoin menghapuskan kebutuhan akan pihak ketiga.