Tutup Senin Harga Kopi, Gula, Kakao Beragam

567
kopi, gula, kakao

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Kopi, Gula dan Kakao pada hari Senin 22    Agustus.    Harga  kopi, gula dan Kakao beragam. 

Pada hari Senin indeks dolar AS menguat membuat harga komoditas turun. 

https://www.vibiznews.com/2022/08/22/rekomendasi-gbp-usd-23-agustus-2022-memperpanjang-penurunan-di-tengah-keengganan-resiko/

Harga bensin mengalami penurunan ke harga terendah 3 minggu

https://www.vibiznews.com/2022/08/22/rekomendasi-minyak-23-agustus-2022-berbalik-turun-setelah-sempat-naik/

Sementara cuaca kering masih berlangsung di Amerika Selatan, Brazil mengganggu perkebunan kopi dan juga perkebunan tebu.  

Harga kopi Arabika naik,  kekeringan di Brazil . Harga kopi Robusta  naik. 

Harga gula     turun,  mengikuti penurunan harga bensin. Harga kakao turun persediaan di Ivory Coast melimpah 

Inilah penutupan pasar pada hari Senin  untuk soft commodities : 

Kopi 

Harga kopi Arabika Desember di ICE New York naik $7.85 (3.68%) menjadi $221.20. Harga kopi Robusta Nopember di ICE New York naik 0.76%.  

Harga kopi pada penutupan pasar hari Senin naik, dengan kenaikan yang tinggi dari kopi Arabika. Menurut Somar Meteorologia tidak turun hujan di Minas Gerais, perkebunan kopi terbesar di Brazil. Climatempo juga mengatakan tidak turun hujan di perkebunan kopi Brazil sampai akhir bulan.  

Gula 

Harga gula Oktober di ICE New York turun 15 sen (0.83%) menjadi $17.94. Harga gula Oktober di ICE London turun 0.11%. 

Harga gula pada penutupan pasar hari Senin turun. Indeks dolar AS menguat ke tertinggi 5 minggu. Turunnya harga bensin ke harga terendah 3 minggu menurunkan harga etanol. Pembuatan etanol berkurang sehingga persediaan gula meningkat.    

Kakao 

Harga kakao Desember di ICE New York turun $18 (0.76%) menjadi $2,356 per ton. Harga kakao Desember di ICE London turun 0.33%. 

Harga kakao pada penutupan pasar hari Senin turun . Melimpahnya persediaan di Ivory Coast. Pengumuman dari pemerintah Ivory Coast bahwa petani mengirimkan kakao 2.41 MMT ke pelabuhan dari 1 Oktober – 21 Agustus.  

Indeks dolar AS menguat ke tertinggi 5 minggu membuat harga komoditas turun. Harga kakao di London penurunannya terbatas karena GBPUSD melemah ke terendah 2 ¼ tahun terhadap dolar.  

https://www.vibiznews.com/2022/08/22/harga-kopi-gulakakao-beragam-review-minggu-3/

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting.