Rekomendasi Emas 30 Agustus 2022: Volatile Di Sekitar $1,738

899

(Vibiznews – Commodity) Harga emas sempat turun menyentuh kerendahan empat minggu di $1,730 pada awal perdagangan sesi AS hari Senin karena grafik tehnikal yang bearish, kuatnya dollar AS dan naiknya yields obligasi treasury AS serta Federal Reserve AS yang sangat hawkish telah membuat tekanan bearish dengan kuat mengontrol pasar emas. Namun dalam jam perdagangan sesi AS selanjutnya, dollar AS berbalik melemah sehingga membuat harga emas berbalik naik mengurangi kerugiannya.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $1.00 ke $1,738.10 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan September turun $0.336 ke $18.41 per ons.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Minat terhadap resiko dari para trader dan investor masih tertekan pada hari Senin setelah selesainya simposium Jackson Hole pada akhir minggu lalu.

Ketua FOMC the Fed Jerome Powell mengulangi bahwa mereka harus mempertahankan kebijakan moneter di teritori restriktif untuk suatu periode waktu tertentu lamanya dalam rangka memulihkan stabilitas harga. Powell menahan diri untuk memberikan petunjuk terhadap besarnya kenaikan tingkat bunga pada bulan September dan menambahkan bahwa mereka akan terus memonitor data ekonomi yang muncul sebelum memutuskan langkah kebijakan berikutnya.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya harga minyak mentah WTI yang diperdagangkan di sekitar $95.91 per ons dan sempat menguatnya dollar AS sebelum akhirnya terkoreksi turun lagi.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,730 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,722 dan kemudian $1,700.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,750 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,775 dan kemudian $1,800.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido