Rekomendasi Emas 23 September 2022: Turun karena USD Berbalik Menguat

1023

(Vibiznews – Commodity) Harga emas sempat naik mencapai $1,685 menjelang jam perdagangan sesi AS hari Kamis di tengah meningkatnya keengganan terhadap resiko. Keprihatinan meningkatnya ketegangan geopolitik telah memicu permintaan safe – haven dan membuat kecenderungan bearish di pasar terus berlangsung. Sementara Federal Reserve yang hawkish masih menekan pasar emas.

Namun pada jam perdagangan sesi AS selanjutnya, harga emas berbalik turun, tertekan menguatnya dollar AS karena jatuhnya indeks saham utama di Wall Street pada saat bel jam perdagangan sesi New York berbunyi.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $2.30 ke $1,671.40 per troy ons.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah bervariasi ketika pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Keengganan terhadap resiko masih tinggi pada akhir minggu ini setelah Presiden Rusia Putin memobilisasi lebih banyak pasukan untuk bertempur dalam peperanganya dengan Ukraina, dan juga mengandung arti dia akan bisa menggunakan senjata nuklirnya jika integritas Rusia terancam.

Pasar saham masih menggali hasil pertemuan FOMC the Fed minggu ini dimana Federal Reserve AS menaikkan tingkat bunga utamanya sebesar 0.75% sebagaimana yang telah diperkirakan banyak orang. Ketua the Fed Powell dalam konferensi persnya setelah merillis pernyataan FOMC pada hari Rabu sore waktu AS, mengatakan the Fed kemungkinan masih akan menaikkan tingkat bunga sebesar 75 bps sebanyak dua kali lagi dalam tahun ini. Dia juga mengatakan ekonomi AS kemungkinan tidak bisa mendarat dengan halus karena the Fed harus membasmi inflasi harga yang problematik, yang berarti ekonomi AS masih akan mengalami lebih banyak kesakitan.

Hal kunci di luar pasar emas adalah stabilnya harga minyak mentah Nymex diperdagangkan di $83.00 per barel. Indeks dollar AS berfluktuasi naik – turun dan akhirnya naik ke atas 111.00.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,650 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,635 dan kemudian $1,600.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,678 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,686 dan kemudian $1,700.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido