Rekomendasi Emas 4 Oktober 2022: Naik karena Permintaan Safe-Haven

826

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Senin. Emas berhasil menangkap permintaan safe-haven pada awal perdagangan di minggu yang baru. Pasar secara umum mengalami keengganan terhadap resiko yang tinggi di tengah kegelisahan karena goyahnya pasar keuangan, obligasi dan saham.

Pasar emas mengalami momentum yang baru dengan lemahnya aktifitas manufaktur di AS menggerakkan permintaan safe – haven bagi metal berharga emas.

Data terbaru dari Institute for Supply Management (ISM) menunjukkan aktifitas manufaktur pada bulan September hampir-hampir tidak berkembang. PMI manufaktur dari ISM jatuh ke 50.9% pada bulan September, meleset dari yang diperkirakan dan turun dari angka di bulan Agustus di 52.8. Para ekonom memperkirakan angka PMI manufaktur AS akan muncul relatif stabil di 52.5%.

Laporan ini memberikan catatan bahwa aktifitas manufaktur AS sedang berada pada titik terendah sejak bulan Mei 2020 ketika ekonomi global terpukul hebat karena negara-negara di dunia mengimplimentasikan lockdown yang ketat sebagai akibat dari merebaknya pandemik Covid – 19.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $30.70 ke $1,691.80 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember naik $0.546 ke $19.585 per ons.

Pasar masih tidak tenang memulai bulan Oktober, dimana sejarah menunjukkan akan bisa menjadi bulan yang keras bagi pasar saham dan keuangan. Ada laporan dan rumor yang berputar pada hari Senin pagi bahwa bank investasi Credit Suisse kemungkinan sedang dalam kesulitan keuangan.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Pasar di daratan Cina tutup karena hari libur. Indeks saham AS mengarah bervariasi pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya kembali indeks dollar AS dan naiknya harga minyak mentah Nymex dengan tajam dan diperdagangkan di sekitar $83.10 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,675 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,649 dan kemudian $1,625.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,694 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,705 dan kemudian $1,740.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido