Harga Kopi, Gula, Kakao Naik Tutup Rabu

402
kopi, gula, kakao

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Kopi, Gula dan Kakao pada hari Rabu 5 Oktober  2022.  Harga  kopi, gula dan Kakao semua naik   

Harga kopi Arabika  naik, ekspor kopi global turun  . Harga kopi Robusta  naik  .   Harga gula  naik,  mengikuti kenaikan harga minyak mentah . Harga kakao naik kekurangan pupuk di Ivory Coast dan Ghana. 

Inilah penutupan pasar pada hari Rabu    untuk soft commodities : 

Kopi 

Harga kopi Arabika Desember di ICE New York naik $5.35 (2.44%) menjadi $214.65 . Harga kopi Robusta Desember di ICE London naik 0.05%. 

Harga kopi pada penutupan pasar hari Rabu naik. Persediaan kopi global turun setelah ICO melaporkan pada hari Selasa Ekspor kopi global Agustus turun 1.9% dari tahun lalu menjadi 9.9 juta kantong. Ekspor kopi global Oktober- Agustus turun 0.3% dari tahun lalu menjadi 118.86 juta kantong.  

Gula 

Harga gula Maret di ICE New York naik 4 sen (0.22%) menjadi $17.95. Harga gula Desember di ICE London naik 0.28%. 

Harga gula pada penutupan pasar hari Rabu naik. Harga gula di New York naik ke tertinggi 3 minggu dan harga gula di London naik ke tertinggi 1 minggu.  

Kenaikan harga minyak mentah ke tertinggi 2 ½ minggu menaikkan harga gula. Harga etanol naik sehingga pabrik tebu lebih memilih membuat etanol daripada gula. Persediaan gula berkurang.  

https://www.vibiznews.com/2022/10/06/rekomendasi-minyak-6-oktober-2022-naik-setelah-pengumuman-opec/

Kakao 

Harga kakao Desember di ICE New York naik $32 (1.36%) menjadi $2,392 per ton. Harga kakao Desember di ICE London naik 2.13%.  

Harga kakao pada penutupan pasar hari Rabu naik. Harga kakao di New York naik ke tertinggi 1 bulan dan harga kakao di London naik ke tertinggi 1 ½ tahun tertinggi.  

Kekhawatiran bahwa kekurangan akan pupuk membuat hasil kakao berkurang di Ivory Coast dan Ghana. Ekspor pupuk potash dan pupuk lainnya dari Rusia terbatas karena perang di Ukraina.   

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting. 

https://www.vibiznews.com/2022/10/03/review-minggu-ke-iv-september-kopi-gula-kakao/