Rekomendasi Minyak 7 Oktober 2022: Tetap Bertahan di Posisi Tinggi

509

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis berhasil mempertahankan ketinggiannya, diperdagangkan di sekitar $87.87 per barel.

Harga minyak mentah WTI mengalami rally hampir 2% pada hari Rabu, membawa harga minyak mentah WTI naik ke sekitar 10.3% sebegitu jauh pada minggu ini. Jika minyak mentah WTI bisa bertahan pada level keuntungan sebesar ini, maka minyak mentah akan mengalami 5 hari terbaik sejak akhir bulan Februari, dimana pada waktu itu Rusia menyerbu Ukraina yang memicu keprihatinan akan terjadinya disrupsi supply dari salah satu eksportir minyak terbesar di dunia.

Selama 48 jam yang baru saja berlalu, OPEC+ telah menjadi perhatian semua orang. Kartel minyak terbesar di dunia ini sepakat untuk mengurangi produksi dari sejak bulan depan sebanyak 2 juta barel per hari. Ini adalah pengurangan produksi terbesar sejak para anggota OPEC mulai bekerja bersama selama dalam mengatasi pandemik coronavirus global pada tahun 2020. Dan inilah penyebab utama harga minyak mentah WTI dapat berbalik naik dan bertahan dalam posisi tinggi pada level harga sekarang.

Selain itu, kenaikan harga minyak mentah WTI juga ditopang oleh keluarnya data dari Department of Energy (DOE) AS yang menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS tanpa terduga jatuh sebanyak 1.36 juta barel pada minggu lalu.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $87.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $87.00 dan kemudian $86.57. “Resistance” yang terdekat menunggu di $88.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $88.25 dan kemudian $88.52.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.