Rekomendasi Emas 25 Oktober 2022: Turun karena Faktor di Luar Pasar Emas

829

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Senin karena faktor – faktor di luar pasar emas. Tetap kuatnya dollar AS menahan kenaikan harga emas bahkan menekan turun. Turunnya harga minyak mentah sekalipun sedikit, tetap menjadi faktor yang negatip bagi emas.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $8.20 ke $1,649.70 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember naik $0.099 ke $19.17 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan saham – saham Eropa kebanyakan naik dan saham – saham Asia kebanyakan turun. Indeks saham AS mengarah menguat pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, menyusul keuntungan yang solid yang diperoleh pada hari Jumat minggu lalu sebagai akibat dari laporan Wall Street Journal yang mengatakan bahwa Federal Reserve AS akan memperlambat kecepatan pengetatan kebijakan moneter mereka sehabis pertemuan mereka pada bulan November yang diperkirakan akan menaikkan tingkat bunga sebesar 75 bps lagi.

Pasar keuangan dan saham terus berharap the Fed mau bergerak memperlambat kecepatan pengetatan. Ada banyak pembicaraan bahwa sektor tertentu dari pasar keuangan telah menjadi begitu ditarik sehingga menjadi kurang likuid karena agresifnya pengetatan kebijakan moneter the Fed.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya indeks dollar AS dan melemahnya harga minyak mentah Nymex yang diperdagangkan di sekitar $84.00 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,642 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,622 dan kemudian $1,615.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,659 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,675 dan kemudian $1,688.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido