Rekomendasi Emas 23 November 2022: Naik dengan Turunnya USD & Naiknya Minyak Mentah

632

(Vibiznews – Commodity) Harga emas diperdagangkan naik pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa karena berbalik melemahnya dollar AS. Selain itu naiknya harga minyak mentah  baru – baru ini juga menjadi faktor positip yang mendorong naik harga emas.

Emas berjangka kontrak bulan Desember naik $3.10 ke $1,741.30 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember turun $0.347 ke $20.655 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Minat terhadap resiko tetap tidak bergerak pada awal minggu ini dengan kasus – kasus Covid meningkat di Cina. Berita – berita dan laporan – laporan mengatakan bahwa kota terbesar di Cina, Beijing, sudah menjadi seperti kota hantu. Sebagian analis mengatakan bahwa 20% dari ekonomi Cina dipengaruhi secara negatip oleh lockdown akibat Covid ini.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya indeks dollar AS karena koreksi normal setelah mengalami keuntungan yang solid pada hari Senin. Harga minyak mentah Nymex menguat dan diperdagangkan disekitar $81.50 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,738 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,727 dan kemudian $1,700.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,755 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,770 dan kemudian $1,791.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido