Rekomendasi Emas 21 Desember 2022: Naik karena Faktor di Luar Pasar Emas

806

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa, didukung oleh jatuhnya indeks dollar AS dan keuntungan di dalam harga minyak mentah. Namun minat beli melemah pada saat melanjutkan perdagangan sesi AS dengan yields obligasi global sedang mengalami kenaikan.

Emas berjangka kontrak bulan Februari naik $31.40 ke $1,818.90 per troy ons. Perak berjangka Nymex bulan Maret naik $0.586 ke $23.785 per ons.

Bank of Japan pada hari Selasa membuat gerakan yang mengejutkan mengetatkan kebijakan moneter mereka dengan menaikkan batas tingkat bunga obligasi 10 tahun sebanyak 0.25%. Yen Jepang langsung naik membumbung tinggi terhadap dollar AS di pasar forex.

Pasar saham global bervariasi menuju melemah dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah bervariasi dalam rentang pergerakan harga yang sempit ketika jam perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham S&P dan Nasdaq menyentuh kerendahan lima minggu yang baru semalam sementara pergerakan naik terus memudar.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya indeks dollar AS dan naiknya harga minyak mentah diperdagangkan di sekitar $76.00 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,793 dan kemudian $1,775.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,819 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,836 dan kemudian $1,840.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido