Rekomendasi Minyak 10 Januari 2023: Menguat Mengarah ke $75.00

304

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Senin, berhasil kembali menguat dan diperdagangkan di sekitar $74.80 per barel.

Menguatnya harga minyak mentah WTI didorong oleh sentimen pasar yang bagus.

Para pembeli minyak mentah mengarah ke $75.00 di tengah ekspektasi bahwa optimisme global yang diinspirasikan oleh Cina bisa menurunkan ketakutan akan resesi dan menaikkan permintaan akan energi minyak.

Pembukaan kembali perbatasan internasional oleh Cina setelah tiga tahun diblokade meningkatkan akan optimisme pasar. Selain itu minat terhadap resiko di pasar meningkat karena ada komentar – komentar dari pejabat  People’s Bank of China (PBOC) yang memberikan tanda akan ekspektasi pertumbuhan ekonomi yang kuat dari Cina.

Selain itu, hal yang menopang menguatnya harga minyak mentahWTI adalah turunnya ketakutan akan geopolitik sekitar Rusia dan melemahnya dollar AS yang sekarang turun ke 102.975 dari sebelumnya 103.00 an.

Pada akhir minggu lalu, dollar AS mengalami tekanan jual yang hebat.

Bureau of Labor Statistics (BLS) AS pada hari Jumat mingg lalu mengumumkan bahwa Nonfarm Payrolls (NFP) bulan Desember naik sebanyak 223.000, jauh mengatasi yang diperkirakan pasar sebesar 200.000. Namun dollar AS gagal mengambil keuntungan dari angka NFP yang bagus dengan rincian dari laporan NFP juga menunjukkan inflasi upah tahunan turun ke 4.6% dari sebelumnya 4.8% (yang direvisi dari 5.1%) pada bulan November.

Selain itu, survey PMI jasa dari ISM menunjukkan bahwa tekanan harga di sektor jasa terus melemah sementara aktifitas ekonomi keseluruhan sedikit terkontraksi pada bulan Desember, yang menambah tekanan turun atas dollar AS.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $73.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $72.10 dan kemudian $70.77. “Resistance” yang terdekat menunggu di $75.21 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $76.54 dan kemudian $77.42.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.