Rekomendasi Emas 24 Februari 2023: Tertekan Turun karena Naiknya Yields

1627

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis, dengan yields obligasi pemerintah terus terdorong naik karena masih tetap hawkishnya Federal Reserve AS.

Emas berjangka kontrak bulan April turun $3.50 ke $1,822.30 per ons. Perak berjangka Nymex bulan Maret turun $0.117 ke $21.55 per ons.

Para trader dan investor sedang menggali risalah pertemuan FOMC the Fed yang dirilis pada hari Rabu malam.

Risalah pertemuan FOMC yang terakhir, yang terjadi sebelum laporan pekerjaan bulan Januari dan data inflasi, menunjukkan bahwa sebagian pembuat kebijakan memperdebatkan apakah kenaikan tingkat bunga yang hanya sebesar 50 bps bisa membantu mereka mencapai target inflasi lebih cepat.

Risalah tersebut juga memperlihatkan bahwa partisipan pasar melihat adanya kenaikan resiko terhadap inflasi di tengah pembukaan kembali aktifitas bisnis Cina dan meningkatnya perang Rusia – Ukraina.

Risalah pertemuan FOMC the Fed yang hawkish ini membuat dollar AS mendapatkan kekuatan pada jam perdagangan sesi Amerika dan membebani harga emas turun.

Pasar saham global bervariasi namun kebanyakan menguat dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya indeks dollar AS. Harga minyak mentah berjangka Nymex menguat dan diperdagangkan di sekitar $75.20 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,815 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,805 dan kemudian $1,800.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,856 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,870 dan kemudian $1,881.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido