Tutup Rabu Harga Kopi, Gula, Kakao Beragam

364
kopi, gula, kakao

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Kopi, Gula dan Kakao pada hari Rabu 22  Februari 2023 .   Harga  kopi, gula dan Kakao beragam 

Harga kopi Arabika dan Harga  kopi Robusta masih naik, petani di Brazil menahan menjual kopi . Harga gula turun mengikuti turunnya harga minyak mentah. Harga kakao beragam, kekurangan persediaan untuk ekspor. 

Inilah penutupan pasar pada hari Rabu : 

 Kopi 

Harga kopi Arabika Mei di ICE New York naik $3.50 (1.84%) menjadi $193.35. Harga kopi Robusta Mei di ICE London naik 3.38%. 

Harga kopi naik pada penutupan pasar hari Rabu. Harga kopi naik ke tertinggi 4 ¼ bulan karena kekurangan kopi untuk dijual di pasar tunai setelah petani kopi di Brazil menahan penjualan kopi sementara menunggu harga kopi naik supaya dapat menutupi biaya penanaman kopi termasuk harga pupuk yang tinggi. 

Gula 

Harga gula Mei di ICE New York turun 3 sen (0.15%) menjadi $19.90. Harga gula Mei di ICE London 0.33% 

Harga gula turun pada penutupan pasar hari Rabu. Turunnya harga minyak mentah 3% ke harga terendah 2 minggu pada hari Rabu. Harga etanol ikut turun sehingga pabrik penggilingan gula lebih memilih pembuatan gula daripada etanol sehingga persediaan gula naik. 

https://www.vibiznews.com/2023/02/22/rekomendasi-minyak-23-februari-2023-melanjutkan-penurunan-karena-ketakutan-resesi/ 

 Kakao 

Harga kakao Mei di ICE New York turun $3 (0.11%) menjadi $2,779 per ton. Harga kakao Mei di ICE London naik 0.24%. 

Harga kakao pada penutupan pasar hari Rabu beragam. Harga kakao di New York di harga tertinggi 1 tahun. Awal pasar harga kakao naik, tetapi untuk kontrak Mei harga kakao pada penutupan turun.  

Harga kakao masih terus naik setelah Eksportir kakao di Ivory Coast tidak bisa memenuhi kontrak ekspor karena kekurangan biji kakao dengan perkiraan kekurangan 150,000 ton. Kekurangan terjadi karena penggilingan sudah dilakukan sendiri di Ivory Coast, sehingga biji kakao untuk ekspor tidak cukup. 

https://www.vibiznews.com/2023/02/23/rekomendasi-gbp-usd-23-februari-2023-berbalik-turun-menjelang-risalah-fomc/ 

 Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting 

https://www.vibiznews.com/2023/02/20/review-minggu-ke-iii-harga-kopi-gula-kakao-naik/