Rekomendasi Minyak 1 Maret 2023: Melanjutkan Kenaikan ke Atas $77.00

504

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Selasa, diperdagangkan naik ke sekitar $77.20 per barel.

Harga minyak mentah WTI menunjukkan pemulihan setelah mendapatkan support di sekitar $75.00. Harga minyak mentah naik dan berhasil menembus resistance terdekat di $75.80 pada jam perdagangan sesi Asia dan melanjutkan kenaikannya ke atas $76.00 pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa.

Kenaikan harga minyak mentah WTI disebabkan sebagian oleh karena harapan akan meredanya ketegangan AS dengan Cina, harapan akan membaiknya inflasi dan juga dengan investor optimis mengenai rilis data PMI manufaktur Caixin yang akan keluar pada hari Rabu.

PMI manufaktur Caixin diperkirakan akan melompat ke 50.2 dari rilis sebelumnya di 49.2. Investor berantisipasi ekonomi Cina akan naik pada tahun ini setelah tiga tahun berada dalam lockdown yang keras untuk mengatasi penyebaran Covid – 19.

Para pejabat Cina berdedikasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui dukungan fiskal dan moneter karena pembukaan kembali aktifitas ekonomi memerlukan stimulus yang cukup untuk menyuntik optimisme di perusahaan dan rumah tangga.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $76.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $75.00 dan kemudian $73.31. “Resistance” yang terdekat menunggu di $77.48 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $78.32 dan kemudian $79.98..

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.