Rekomendasi Emas 8 Maret 2023: Turun Tajam Setelah Testimoni Powell

856

(Vibiznews – Commodity) Harga emas mulai turun pada awal jam perdagangan sesi AS hari Selasa, menjelang satu dari dua event / data ekonomi AS yang utama pada minggu ini, di tengah menguatnya dollar AS dengan indeks dollar AS naik 0.13% ke 104.450.

Penurunan harga emas semakin tajam setelah testimoni dari ketua the Fed Jerome Powell di depan Komite Perbankan Senat AS. Powell menyampaikan bahwa tingkat bunga akan naik lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebelumnya. Data ekonomi terbaru muncul lebih kuat daripada yang diperkirakan, yang menunjukkan bahwa level akhir dari tingkat bunga akan lebih tinggi daripada yang sebelumnya diantisipasikan. Powell juga menunjuk kepada pasar tenaga kerja yang ketat, belanja konsumen yang solid, produksi  manufaktur dan data inflasi yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan.

Emas berjangka kontrak bulan April turun $25.90 ke $1,820.60 per ons. Perak berjangka Nymex bulan Mei turun $0.145 ke $20.99 per ons.

Fokus pasar berada pada testimoni ketua the Fed Jerome Powell mengenai kebijakan moneter AS di depan komite Senat dan House AS pada hari Selasa dan Rabu. Wall Street Journal melaporkan bahwa Powell kemungkinan akan memperingatkan Capitol Hill bahwa aktifitas ekonomi AS yang kuat pada tahun ini akan bisa membuat bank sentral AS menaikkan tingkat bunga lebih daripada yang diperkirakan, untuk memerangi inflasi yang tinggi.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Para trader dan investor juga menantikan laporan situasi employment AS bulan Februari dari Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Jumat pagi waktu AS. Komponen kunci dari laporan itu, Non-Farm Payrolls, diperkirakan akan menunjukkan kenaikan pekerjaan sebanyak 225.000 pekerjaan setelah pada bulan Januari naik luarbiasa besar 517.000 pekerjaan.

Hal kunci di luar pasar emas adalah menguatnya dollar AS. Harga minyak mentah berjangka Nymex stabil diperdagangkan di sekitar $80.00 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,815 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,750.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,826 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,856 dan kemudian $1,864.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido