Rekomendasi Emas 16 Maret 2023: Naik di Tengah Ketakutan Menularnya Krisis

1567

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik tajam menyentuh ketinggian lima minggu, pada jam perdagangan sesi AS hari Rabu karena meningkatnya permintaan safe – haven. Ketakutan terhadap krisis keuangan/perbankan global meningkat pada pertengahan minggu.

Emas berjangka kontrak bulan April naik $21.30 ke $1,924.80 per ons. Perak berjangka Nymex bulan Mei naik $0.285 ke $22.34 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan saham – saham Asia kebanyakan naik sementara saham – saham Eropa turun.

Keengganan terhadap resiko kembali meningkat pada pertengahan minggu dengan kekacauan perbankan yang dimulai di AS sedang menyeberang ke Eropa.

Saham perbankan Eropa terpukul pada hari Rabu dipimpin oleh Credit Suisse dan kekuatiran mengenai kesehatan keuangannya. Indeks saham AS mengarah turun dengan solid pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya indeks dollar AS dengan tajam. Harga minyak mentah berjangka Nymex turun dan diperdagangkan di sekitar $68.40 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,889 dan kemudian $1,850.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,932 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,950 dan kemudian $1,975.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.