Rekomendasi Emas 20 April 2023: Turun karena Menguatnya USD dan Naiknya Yields

1067

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal jam perdagangan sesi AS hari Rabu, di tengah bearish-nya kekuatan pasar di luar pasar emas pada pertengahan minggu. Dolar AS menguat dengan indeks dollar AS naik 0.10% ke 101.545.

Naiknya yields treasury AS dan turunnya harga minyak mentah merupakan faktor di luar pasar emas yang ikut menekan harga emas. Emas perlu menunjukkan kekuatannya segera agar supaya bisa memelihara keuntungan tehnikal jangka pendek.

Emas berjangka kontrak bulan Juni turun $12.30 ke $1,992.80 per ons. Perak berjangka Nymex bulan Mei turun $0.478 ke $24.785 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Beberapa pejabat the Fed yang berbicara hawkish pada hari Selasa telah menekan semangat para trader dan investor pada pertengahan minggu, termasuk trader emas.

Presiden Fed Bank of Atlanta Raphael Bostic mengatakan kepada CNBC bahwa dia ingin melihat satu kali lagi kenaikan tingkat bunga dan kemudian mempertahankan tingkat bunga di atas 5% untuk suatu periode waktu dalam rangka menurunkan inflasi.

Sementara itu, Presiden Fed St Louis James Bullard memberitahukan Reuters bahwa ketakutan akan resesi terlalu dibesar-besarkan dan bahwa dia mendukung kenaikan tingkat bunga AS ke 5.5 – 5.75% naik dari level tingkat bunga sekarang di 4.75 – 5.0%.

Kekacauan perbankan beberapa minggu yang lalu mereda sebagian karena pandangan bahwa Federal Reserve mungkin akan menjadi kurang hawkish karena kekuatiran perbankan dan resiko AS jatuh ke dalam resesi.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya indeks dollar AS. Harga minyak mentah Nymex turun dan diperdagangkan di sekitar $78.97 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,975 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,965 dan kemudian $1,950.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,000 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,020 dan kemudian $2,063.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.