Rekomendasi Minyak 20 April 2023: Tekanan Turun Terus Berlangsung

397

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Rabu, turun dan diperdagangkan di sekitar $78.97 per barel.

Harga minyak mentah WTI kembali tertekan turun, jatuh ke bawah $79.00 di sekitar $78.97 per barel terpukul karena menguatnya dollar AS dan ketakutan akan resesi. Sementara ekonomi AS tetap tangguh pada tahun lalu, aktifitas ekonomi bisa menurun tajam nantinya pada tahun ini, terutama apabila tingkat bunga terus naik. Skenario ini akan menekan permintaan terhadap minyak mentah yang akan membebani harga minyak mentah.

Beberapa pejabat the Fed yang berbicara hawkish pada hari Selasa telah menekan semangat para trader dan investor pada pertengahan minggu, termasuk trader minyak mentah.

Presiden Fed Bank of Atlanta Raphael Bostic mengatakan kepada CNBC bahwa dia ingin melihat satu kali lagi kenaikan tingkat bunga dan kemudian mempertahankan tingkat bunga di atas 5% untuk suatu periode waktu dalam rangka menurunkan inflasi.

Sementara itu, Presiden Fed St Louis James Bullard memberitahukan Reuters bahwa ketakutan akan resesi terlalu dibesar-besarkan dan bahwa dia mendukung kenaikan tingkat bunga AS ke 5.5 – 5.75% naik dari level tingkat bunga sekarang di 4.75 – 5.0%.

Kekacauan perbankan beberapa minggu yang lalu mereda sebagian karena pandangan bahwa Federal Reserve mungkin akan menjadi kurang hawkish karena kekuatiran perbankan dan resiko AS jatuh ke dalam resesi.

Dollar AS menguat dengan indeks dollar AS naik 0.20% ke 101.660 karena kemungkinan Federal Reserve AS menaikkan lebih banyak kenaikan tingkat bunga masih sangat solid meskipun kondisi pasar tenaga kerja yang sudah melonggar dan tekanan inflasi yang sudah mulai melemah.

Dari sisi Analisa tehnikal, minyak mentah telah mulai berbalik arah setelah mengalami rally lebih dari 30% dari ke rendahan di bulan Maret, pertanda bahwa momentum bullish harga minyak mentah mulai memudar.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $78.76 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.44 dan kemudian $76.50. “Resistance” yang terdekat menunggu di $79.81 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $80.48 dan kemudian $81.66.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.