Rekomendasi Emas 21 April 2023: Naik dengan Melemahnya USD

1284

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal jam perdagangan sesi AS hari Kamis, dengan pergerakan naik harga emas telah menstabilkan pasar emas menyusul tekanan jual baru – baru ini. Melemahnya dollar AS dan turunnya yields treasury AS juga mendukung kenaikan harga emas.

Emas berjangka kontrak bulan Juni naik $10.80 ke $2,005.90 per ons. Perak berjangka Nymex bulan Mei naik $0.044 ke $25.42 per ons.

Pasar saham global bervariasi menuju melemah dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Keengganan terhadap resiko lebih tinggi pada minggu ini yang membantu memicu terjadinya tekanan jual terhadap banyak sektor komoditi mentah yang dimulai oleh harga minyak mentah yang jatuh ke kerendahan selama tiga minggu.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya indeks dollar AS. Harga minyak mentah Nymex turun dan diperdagangkan di sekitar $77.75 per barel. Harga minyak mentah turun baru-baru ini karena keprihatinan akan permintaan di tengah kekuatiran akan resesi ekonomi global.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,000 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,980 dan kemudian $1,965.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,020 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,031 dan kemudian $2,063.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.