Rekomendasi Minyak 5 Mei 2023: Tetap dalam Tekanan Jual di Bawah $69.00

397

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Kamis, tetap dalam tekanan turun, dan diperdagangkan di sekitar $68.64 per barel.

Harga minyak mentah WTI sempat jatuh ke kerendahan tahunan di $63.60 setelah Federal Reserve AS menaikkan tingkat bunga kuncinya sebesar 25 bps menjadi 5.00 – 5.25%, sebelum akhirnya berhasil bangkit kembali, naik ke arah $68.00 per barel.

Harga minyak mentah turun sekitar 7% pada jam perdagangan sesi Asia hari Kamis pagi, sebelum akhirnya stabil di sekitar $78.00 setelah the Fed menaikkan tingkat bunga sebesar 25 bps.

Kebijakan pengetatan moneter AS telah mendorong naik tingkat bunga riil AS ke ketinggian beberapa tahun dengan tingkat bunga riil 10 tahun sempat menyentuh ketinggian selama 15 tahun, sebelum akhirnya turun lagi sedikit.

Penurunan harga minyak mentah bertambah dalam karena ketakutan akan perlambatan ekonomi global yang disebabkan karena kenaikan tingkat bunga dari para bank sentral utama dunia. Para trader minyak mentah kuatir mengenai outlook permintaan minyak mentah dengan kondisi likuiditas yang ketat akan memaksa para perusahaan untuk mengurangi kapasitas produksi mereka.

Keengganan terhadap resiko meningkat pada akhir minggu menyusul kenaikan tingkat bunga berikutnya oleh Federal Reserve AS pada hari Rabu malam kemarin. Kenaikan tingkat bunga sebesar 25 bps ini sudah diperkirakan secara luas akan terjadi, namun hal ini menambah kesulitan kepada sistem perbankan AS yang sebagian sedang goyah.

Laporan – laporan mengatakan bahwa saat ini PacWest Bancorp, bank pemberi pinjaman yang berbasis di California sedang menghadapi masalah. Harga sahamnya turun 60% dalam perdagangan pada hari Rabu dan sedang dipertimbangkan untuk dijual. Sekalipun Pac West jauh lebih kecil di dalam ukurannya dibandingkan dengan Silicon Valley Bank dan First Republic Bank yang telah tumbang lebih dulu, namun berita ini membuat kekacauan perbankan AS menjadi berita utama di pasar dan membuat para trader dan investor gelisah.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $67.20 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $66.51 dan kemudian $64.24. “Resistance” yang terdekat menunggu di $68.99 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $69.29 dan kemudian $70.30.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.