Rekomendasi Minyak 9 Mei 2023: Meneruskan Rebound ke Atas $73.00 per Barel

441

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Senin, melanjutkan kenaikannya ke sekitar $73.00 per barel.

Minyak mentah WTI telah memperpanjang pemulihannya ke $73.25 atau ketinggian 4 hari.

Minat beli terhadap komoditi mendapatkan tenaga tambahan dan mendukung pemulihan yang dipicu oleh berkurangnya pertaruhan akan potensi perlambatan di dalam ekonomi.

Pandangan ini sekarang kelihatannya diperkuat oleh munculnya data makro ekonomi AS – Nonfarm Payrolls (NFP) bulan April – yang lebih baik daripada yang diperkirakan. Angka NFP AS bulan April yang lebih baik daripada yang diperkirakan ini menunjukkan ketangguhan yang terus bertahan dari pasar tenaga kerja AS meskipun muncul beberapa tanda yang melemah pada minggu – minggu sebelumnya.

Laporan pekerjaan AS – Non-farm Payrolls (NFP), bulan April yang dikeluarkan oleh Depertemen Tenaga Kerja AS, menunjukkan kenaikan sebesar 253.000. Angka kuncinya diperkirakan akan muncul dengan kenaikan hanya sebesar 180.000. Namun, laporan pekerjaan bulan Maret direvisi turun menjadi kenaikan hanya sebesar 165.000 dibandingkan dengan angka awalnya kenaikan sebesar 248.000.

Tingkat pengangguran AS pada bulan April berada pada 3.4% dibandingkan dengan yang diperkirakan di 3.6% dan laporan bulan Maret di 3.5%.

Rebound-nya harga minyak mentah WTI juga disebabkan oleh kondisi tehnikal setelah harga minyak mentah WTI bergelut di teritori “oversold” beberapa hari yang lalu.

Pada minggu ini nantinya, fokus pasar akan berada pada rilis angka inflasi AS yang diukur oleh angka Consumer Price Index (CPI) dan juga laporan mingguan dari inventori minyak AS yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute (API) pada hari Selasa dan Energy Information Administration’s (EIA) pada hari Rabu.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $73.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $72.51 dan kemudian $72.00. “Resistance” yang terdekat menunggu di $73.79 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $75.82 dan kemudian $76.52.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.