Rekomendasi Emas 14 Juli 2023: Kenaikan Selanjutnya Tertahan Minat Terhadap Resiko

1306

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis berhasil memperpanjang tren kenaikan hariannya dan mencapai level lebih tinggi dari ketinggian dalam tiga minggu di sekitar $1,960 per troy ons, namun kenaikan selanjutnya tertahan oleh naiknya minat terhadap resiko di pasar.

Minat terhadap resiko mendominasi pasar dengan investor di pasar keuangan tetap optimis setelah keluarnya angka inflasi AS yang lebih banyak lagi. Hal ini membebani dolar AS dan menahan kenaikan harga emas lebih lanjut.

Bureau of Labor Statistics AS melaporkan bahwa angka inflasi AS bulan Juni yang diukur oleh Consumer Price Index (CPI) turun ke 3% YoY dibandingkan dengan yang diperkirakan 3.1% dan dari angka sebelumnya di 4%, sementara angka inflasi inti turun ke 4.8% YoY dibandingkan dengan yang diperkirakan 5% dan dari angka sebelumnya 5.3%.

Sebagai akibatnya yields treasury AS turun secara luas. Yields 2 tahun turun ke 4.72% sementara yields 5 tahun turun ke 4.09% dan yields 10 tahun turun ke 3.90%.

Setelah keluar angka inflasi yang lemah yang diukur dengan angka Consumer Price Index (CPI), AS mengeluarkan angka inflasi berikutnya yang diukur oleh Producer Price Index (PPI), yang hanya naik 0.1% YoY dan 0.1% MoM, sementara angka inti muncul di 2.4%, di bawah dari yang diperkirakan 2.6% dan dari angka sebelumnya 2.8%.

Aksi jual terhadap dolar AS terus berlangsung sepanjang hari Kamis. Meskipun demikian, emas tidak dapat mengambil keuntungan dari turunnya dolar AS, dengan para investor fokus kepada assets yang memberikan hasil yang tinggi sehingga membuat emas yang safe-haven menjadi tidak menarik.

Komentar dari Presiden Federal Reserve San Fransisco Mary Daly membuat saham-saham AS berada di jalan tol kenaikan. Daly menyatakan bahwa para pembuat kebijakan harus memindahkan kenaikan tingkat bunga lebih lanjut ke teritori restriktif dengan ekonomi AS masih memiliki banyak momentum, sementara pertumbuhan upah masih sulit untuk menurunkan inflasi.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,950 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,940 dan kemudian $1,928. “Resistance” terdekat menunggu di $1,967 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,983 dan kemudian $1,996.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.