Rekomendasi Emas 18 Agustus 2023: Turun ke Bawah $1,900 karena Naiknya Yields

1751

(Vibiznews – Commodity) Harga emas kehilangan momentum pemulihannya dan kembali di bawah $1,900 di sekitar $1,885, level terendah sejak akhir Maret lalu, pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis karena sentimen pasar yang buruk telah mendorong naik yields AS.

Para pemain pasar berbalik enggan terhadap resiko setelah keluarnya risalah pertemuan FOMC the Fed yang menyatakan keprihatinan mengenai resiko inflasi dan membuka pintu untuk penambahan kenaikan tingkat bunga apabila diperlukan.

Yield obligasi treasury AS benchmark 10 tahun memperoleh daya tarik dan berbalik positip pada hari Kamis mendekati 4.3% setelah sempat mengalami koreksi turun dan memaksa harga emas berbalik turun.

Kuatnya angka data ekonomi AS memicu naiknya yields obligasi treasury AS sehingga mendorong naik dolar AS karena meningkatnya ekspektasi Federal Reserve AS akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga yang tinggi.

Risalah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) the Fed bulan Juli yang dirilis Rabu menyatakan pejabat Federal Reserve prihatin tentang laju inflasi dan mengatakan mungkin lebih banyak kenaikan suku bunga diperlukan di masa depan kecuali jika kondisi berubah.

Diskusi menunjukkan bahwa sebagian besar anggota khawatir bahwa pertarungan inflasi masih jauh dari selesai dan memerlukan tindakan pengetatan tambahan dari Komite Pasar Terbuka Federal yang menetapkan suku bunga.

“Dengan inflasi yang masih jauh di atas tujuan jangka panjang Komite dan pasar tenaga kerja tetap ketat, sebagian besar peserta terus melihat risiko kenaikan yang signifikan terhadap inflasi, yang dapat memerlukan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut,” kata ringkasan pertemuan tersebut.

Sementara itu, keprihatinan mengenai perlambatan ekonomi Cina dan krisis property di Cina ikut menopang harga emas.

Pada hari Rabu, House Price Index (HPI) Cina untuk bulan Juli turun ke – 0.1% dibandingkan dengan bulan sebelumnya 0%. Data ini membangkitkan keprihatinan akan kemungkinan krisis property di Cina, khususnya dengan developer besar Country Garden Holdings berjuang untuk bisa memenuhi obligasi hutangnya.

Penjualan ritel Cina untuk bulan Juli muncul di 2.5% YoY dibandingkan dengan yang diperkirakan di 4.8% dan sebelumnya di 3.1% dan Industrial Production yang turun ke 3.7% dibandingkan dengan yang diperkirakan 4.5% dan sebelumnya 4.1%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,870 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,850 dan kemudian $1,825.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,914 dan kemudian $1,924.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.