Rekomendasi Emas 22 Agustus 2023: Tetap Tertekan di Bawah $1,900 Berusaha Naik

448

(Vibiznews – Commodity) Harga emas berjuang untuk naik ke atas $1,900 diperdagangkan di sekitar $1.895 dalam rentang harga yang sempit menjelang jam perdagangan sesi Eropa hari Selasa.

Emas berhasil menghentikan penurunannya baru – baru ini ke level terendah sejak Maret 2023, di sekitar $1,885 yang tersentuh pada hari Kamis minggu lalu.

Kenaikan harga emas disebabkan terjadinya koreksi atas dolar AS yang turun dari ketinggian dua bulan karena berbagai macam faktor fundamental yang bervariasi. Indeks dolar AS sempat turun 0.11% ke sekitar 103.090.

Fokus pasar ada pada Simposium Jackson Hole pada akhir minggu ini dimana komentar dari ketua the Fed Jerome Powell akan diamati dengan seksama untuk mendapatkan signal mengenai jalur kenaikan tingkat bunga the Fed yang akan menentukan harga emas ke depannya.

Sementara itu, meningkatnya kesepakatan bahwa the Fed akan mempertahankan tingkat bunga yang lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama membantu dolar AS stabil tidak jauh di bawah level tertinggi dalam dua bulan dan menekan harga emas turun.

The Fed diperkirakan akan berhenti menaikkan tingkat bunga untuk sejenak pada bulan Septermber, walaupun pasar masih memperhitungkan dalam harga kemungkinan kenaikan tingkat bunga satu kali lagi sebesar 25 bps sampai akhir tahun ini.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,886 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,878 dan kemudian $1,863.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,906 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,914 dan kemudian $1,920.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.