Rekomendasi Minyak 11 September 2023: Terkoreksi Turun Namun Tetap Kuat

382

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS Jumat malam minggu lalu sempat berhasil naik ke dekat $88.00, namun akhirnya terkoreksi dan ditutup di bawah $87.00 di $86.76 per barel, naik sekitar 2% secara mingguan.

Memulai minggu yang baru pada minggu lalu di $85.68, mengakhiri minggu lalu harga minyak mentah WTI berhasil melanjutkan kenaikannya ke $86.76.

Grafik harian terus menunjukkan kondisi yang sudah overbought yang menunjukkan bahwa koreksi turun secara tehnikal membayangi.

Kenaikan harga minyak mentah ditopang oleh Arab Saudi dan Rusia yang akan memperpanjang pemangkasan supply secara sukarela sampai sisa akhir tahun ini yang mendorong naik harga minyak mentah sepanjang minggu.

Terlebih lagi, permintaan dari negara konsumen minyak mentah terbesar di dunia, Amerika Serikat, tetap tangguh, sebagaimana dengan yang ditunjukkan oleh data-data terbaru sehingga memberikan dukungan naik terhadap harga minyak mentah.

Munculnya data makro ekonomi yang lebih kuat daripada yang diperkirakan dari AS, termasuk PMI jasa dari ISM pada hari Rabu dan Jobless Claims mingguan pada hari Kamis, menunjukkan ketangguhan ekonomi AS. Data mingguan yang dipublikasikan oleh Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa Initial Jobless Claims turun ke 216.000 dari sebelumnya 229.000.

Namun, laporan dari area Euro dan Cina mengenai data ekonomi mereka yang lemah dan turunnya permintaan minyak mentah dari Eropa dan Cina membatasi kenaikan harga minyak mentah dan membebani turun harga minyak mentah. Selain itu, kuatnya dolar AS dengan indeks dolar AS naik ke ketinggian beberapa bulan pada minggu lalu karena pertaruhan akan hawkish-nya Federal Reserve AS juga menekan turun harga minyak mentah.

Terakhir, naiknya produksi dari Iran dan Venezuela juga menambah tekanan turun terhadap harga minyak mentah.

Support & Resistance 

“Support” terdekat menunggu di $86.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $85.87 dan kemudian $84.65. “Resistance” yang terdekat menunggu di $87.93 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $88.77 dan kemudian $89.99.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido