Menganalisa Keputusan ECB

785

ECB mengeluarkan langkah-langkah pelonggaran yang signifikan pada hari Kamis kemarin, menurunkan tingkat bunga depositonya sebesar 10 basis poin, memangkas tingkat bunga refinya sebanyak 5 basis poin, menambah tingkat pembelian asset, menambah ruang lingkup untuk membeli hutang-hutang perusahaan dan mengumumkan operasi repo jangka panjang tambahan.

Luas dan dalamnya langkah-langkah yang dilakukan oleh ECB melampaui perkiraan konsensus pasar yang dipublikasikan. Namun, ada semacam pemikiran yang luas di pasar bahwa ECB memang perlu membuat sesuatu yang “overdeliver” pada pertemuannya kemarin dan karenanya orang bisa berkata, tidak mengejutkan kalau ECB melakukan semuanya seperti itu kemarin.

Reaksi pasarpun menunjukkan pasar sudah siap, dengan tingkat bunga swap EUR 2 tahunan dan kurva Euribor sekitar 5 basis poin. Reaksi di pasar saham dan kredit lebih intuitif.

Namun menurut BNP Paribas, adalah suatu kesalahan untuk memperkirakan tren turun dari EURUSD terjadi sekarang dan BNP Paribas masih berpikir resiko terhadap pasangan matauang ini masih tetap tren naik, dengan perkiraan pemulihan menjadi 1.16 pada akhir bulan Juni.

Bottom linenya adalah bahwa menurut BNP Paribas, tidak ada equilibrium yang stabil untuk pasar keuangan global yang termasuk USD sedang mengalami tren naik lebih tinggi secara luas.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here