Harga Emas Sedikit Menguat Karena Meningkatnya Keenggan Terhadap Resiko

697

(Vibiznews-Commodity) Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat. Metal safe-haven ini diuntungkan dari timbulnya sedikit keengganan terhadap resiko di pasar pada saat memulai perdagangan pada minggu yang baru dimana ketegangan perdagangan Amerika Serikat dengan Cina sedang meningkat. Melemahnya indeks dolar AS pada hari Senin kemarin juga menyokong kenaikan pada pasar metal berharga. Indeks dolar AS dalam pemulihannya berhenti pada level dekat 94.20 dan turun tajam ke kerendahan harian yang baru pada 93.92.

Emas berjangka bulan Desember terakhir diperdagangkan naik $3.30 per ons pada $1,204.60. Perak Comex bulan Desember terakhir naik $0.016 pada $14.375 per ons.

Berita yang besar pada industri metal pada hari Senin kemarin adalah bergeraknya Barrick Gold Corp. untuk mengakuisisi Rangold Resources Ltd. melalui merger saham yang akan menciptakan perusahaan pertambangan emas terbesar di dunia. Berdasarkan harga penutupan pada hari Jumat minggu lalu, perusahaan yang baru ini akan memiliki kapitalisasi pasar sebesar $18.3 miliar.

Pasar saham dunia kebanyakan turun semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan ketika sesi New York dimulai. Ada peningkatan keengganan terhadap resiko di pasar dunia pada saat memulai minggu perdagangan, karena ketegangan Amerika Serikat dan Cina kembali membara setelah Cina menuduh Presiden Trump sebagai tukang bully di dalam perdagangan dan membatalkan pembicaraan perdagangan yang telah disiapkan untuk berlangsung pada minggu ini. Dan tarif senilai $200 miliar tambahan di dalam impor Cina atas Amerika Serikat disiapkan untuk diluncurkan pada hari Senin kemarin. Pasar saham Cina, Jepang dan Korea Selatan ditutup pada hari Senin kemarin karena hari libur.

Fokus pada minggu ini adalah juga pertemuan Federal Reserve Open Market Committee (FOMC) yang akan dimulai pada hari Selasa ini. FOMC diperkirakan akan menaikkan sedikit tingkat bunga AS pada pertemuan ini. Gubernur Fed Jerome Powel akan mengadakan konferensi pers setelah pertemuan.

Dari sisi tehnikal, penurunan harga emas akan menghadapi “support” pada level 1,190.00 dimana apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan level 1,180 dan selanjutnya level 1,170 dan terakhir 1,160. Sedangkan kenaikan harga emas akan menghadapi “resistan” pada level 1,210.00 dimana apabila berhasil ditembus akan menuju ke level 1,220.00 dan selanjutnya level 1,230 dan terakhir 1,240.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here