Harga Cocoa ICE Jatuh Lagi ke Termurah 1-3/4 Bulan

484

(Vibiznews – Commodity) – Harga  cocoa  dunia yang dijual di pasar komoditas ICE New York  anjlok parah di akhir sesi perdagangan awal pekan kembali turun ke posisi harga termurah 1-3/4 bulan oleh kuatnya tanda-tanda produksi kakao global yang kuat .

Pemerintah Pantai Gading melaporkan bahwa petani mengirim 753,549 MT kakao ke pelabuhan dari 1 Oktober – 9 Des, naik  29,7% dari waktu yang sama tahun lalu. Juga  data dari Dewan Kakao Ghana menunjukkan pembelian dari petani kakao Ghana, produsen cokelat terbesar kedua dunia  mencapai 322.945 MT selama delapan minggu pertama panen dari 5 Oktober – 29 November  naik  41,7% y/y.

Sedangkan harga kakao London rally ke level tertinggi 3-minggu oleh anjloknya  pound Inggris setelah pair GBPUSD jatuh ke level terendah 1-1/2 tahun. Persediaan saat ini lebih ketat karena persediaan kakao yang dipantau ICE terus menurun selama 7 bulan terakhir hingga terendah 11 bulan pada hari Jumat yang lalu pada 3.394 juta tas.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Maret di ICE New York  turun $19 atau 0,85 persen  pada posisi $2.206 per ton. Untuk harga kakao di bursa London naik $7 atau 0,43 persen  pada posisi  1,547 pound per ton atau ditutup tidak berubah dari harga sebelumnya.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka  yang diperdagangkan di bursa New York malam nanti diperkirakan akan kuat terus oleh proyeksi lemahnya mata uang dolar AS.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here