GBP/USD Turun Ke Pertengahan 1.26 Namun Rebounds Kembali Keatas 1.27

320

(Vibiznews-Forex) Pasangan matauang GBP/USD tetap berada dalam tekanan jual ditengah berita-berita Brexit yang tidak jelas, meskipun demikian berhasil pulih sekitar 60-65 pips dari kerendahan harian yang terjadi pada jam terakhir.

Pasangan matauang ini gagal mengkapitalisir kenaikan yang kuat dari sesi sebelumnya ke level tertinggi sejak tanggal 21 Mei dan bertemu dengan “supply” yang agresif pada hari Rabu ditengah memudarnya optimisme atas kemungkinan persetujuan Brexit sebelum tenggat waktu tanggal 31 Oktober yang dengan cepat mendekat.

Dengan latarbelakang keprihatinan dari Democratic Unionist Party (DUP) mengenai konsesi dari Perdana Menteri Boris Johnson, komentar dari seorang pejabat Inggris, yang mengatakan bahwa pemerintah merasa tidak yakin dengan kemungkinan kesepakatan Brexit, hal ini memberikan tekanan yang berat terhadap Poundsterling Inggris.

Tekanan jual “intraday” bertambah besar, menyeret pasangan matauang ini mendekati pertengahan 1.2600an, sebagai reaksi terhadap laporan-laporan yang mengatakan bahwa negosiasi tehnis Brexit telah mencapai kebuntuan. Laporan tersebut selanjutnya menambahkan bahwa Uni Eropa melihat kesepakatan Brexit sebagai tidak mungkin kecuali Inggris mau bergerak.

Dengan perkembangan Brexit terakhir ternyata menjadi penggerak eksklusif dari volatilitas GBP/USD “intraday”, pasangan matauang ini kelihatannya tidak terpengaruh dengan pergerakan dari USD, yang tetap bertahan ditengah merosotnya terus menerus imbal hasil dari obligasi treasury AS.

Menarik untuk memperhatikan apakah pasangan matauang ini terus menunjukkan ketangguhan dibawah angka 1.2700 ataukah koreksi sekarang menandakan akhir dari momentum “bullish” yang kuat baru-baru ini yang dimulai pada minggu lalu yang mengakhiri trend “bearish” belakangan ini.

Secara tehnikal, penurunan kembali dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.2657 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2530 dan kemudian 1.2458. Sedangkan apabila terus berhasil naik, maka akan berhadapan dengan “resistance” yang solid di 1.2856 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2928 dan kemudian 1.3056.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here