Teks Kesepakatan Dagang AS-China Disetujui; Akankah Tarif 15 Desember Batal?

883

(Vibiznews – Economy & Business) AS dan China telah mencapai kesepakatan tentang teks kesepakatan perdagangan fase satu dan sekarang akan bergerak ke arah penandatanganan kesepakatan secepat mungkin, kata para pejabat China pada Jumat (13/12).

Berdasarkan perjanjian itu, AS akan membatalkan tarif barang-barang China secara bertahap, prioritas untuk Beijing, kata Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen. Namun, Wang tidak merinci kapan tepatnya AS akan mengembalikan tarif.

Presiden AS Donald Trump kemudian mengumumkan pemerintahannya akan membatalkan putaran tarif berikutnya untuk barang-barang China yang mulai berlaku pada hari Minggu. Dalam tweet, ia menambahkan bahwa Gedung Putih akan meninggalkan tarif 25% pada $ 250 miliar impor, sementara memotong beberapa tingkat tarif yang ada menjadi 7,5%.

Beijing akan meningkatkan pembelian pertanian secara signifikan, Wakil Menteri Pertanian dan Urusan Pedesaan Han Jun mengatakan, meskipun ia tidak menentukan berapa banyak. Trump bersikeras bahwa Beijing membeli lebih banyak tanaman Amerika sebagai bagian dari kesepakatan, dan mendukung ketentuan itu di tweet-nya.

Dia menambahkan bahwa AS akan memulai negosiasi pada fase selanjutnya dari kesepakatan perdagangan “segera, daripada menunggu sampai setelah Pemilu 2020.” Trump telah menyarankan dia bisa menunggu sampai setelah November 2020 untuk mencapai kesepakatan, komentar yang mengkhawatirkan investor.

Kesepakatan yang sedang berkembang itu melibatkan kekayaan intelektual, transfer teknologi, barang pertanian, jasa keuangan, dan perluasan perdagangan, kata pejabat China.

Dua negara ekonomi terbesar di dunia telah berjuang untuk menambal kesepakatan perdagangan parsial yang diumumkan pada bulan Oktober, yang menurut Trump akan melibatkan lebih banyak pembelian barang pertanian China.

Presiden telah menggunakan tarif untuk menekan Beijing ketika dia mendorong perjanjian yang lebih luas untuk mengatasi apa yang dia sebut pelanggaran termasuk pencurian kekayaan intelektual, transfer teknologi paksa dan defisit perdagangan besar-besaran.

Laporan muncul pada hari Kamis bahwa Gedung Putih dan China mencapai kesepakatan perdagangan fase satu pada prinsipnya, sambil menunggu persetujuan Trump. Presiden belum menandatangani perjanjian tersebut secara terbuka.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here