Rekomendasi GBP/USD 7 Januari 2020: Tumbang Ke Bawah 1.36 Karena Naiknya USD

1426

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan turun ke bawah 1.36, melepaskan keuntungannya, dengan naiknya kembali USD, setelah sebelumnya Dolar AS sempat tertekan turun dengan nominasi partai Demokrat memimpin atas nominasi partai Republikan dalam pemilihan anggota Senat di Georgia, sekalipun kemenangan terlihat berbau kecurangan yang pekat. Prospek akan dikeluarkannya paket stimulus multi-triliun yang baru yang akan membuat uang mengalir lebih banyak ke ekonomi AS dan global sehingga membuat dolar AS yang safe-haven semakin tidak diperlukan.

Situasi di Inggris mencekam. Rumah sakit penuh dengan pasien Covid – 19. Statistik yang mengkuatirkan di Inggris membuat Inggris memasuki lockdown yang sangat keras dan pasar mendapatkan suntikan dana bantuan dari Treasury Inggris sudah tidak cukup.

Selain itu, distribusi vaksin kemajuannya lambat. Sementara Inggris lebih dulu melakukan vaksinisasi dibandingkan dengan negara – negara Eropa lainnya, distribusi vaksin baru mencapai 1.5% dari jumlah penduduk Inggris dan kemungkinan juga tidak bisa mengejar ketinggal distribusi dalam dua minggu yang akan datang. Pemerintah mentargetkan 13 juta orang menerima vaksin pada pertengahan Februari dan sampai sekarang baru 1,3 juta yang menerima suntikan pertama.

Kecuali kasus Covid – 19 turun dan vaksinisasi dipercepat, Sterling akan harus berjuang untuk mempertahankan keuntungannya. Lebih buruknya ada perkiraan bahwa di Afrika Selatan varian baru ini kebal terhadap vaksin.

Secara keseluruhan kenaikan Sterling mengalami rintangan dengan “resistance” terdekat menunggu di 1.3610 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3703 dan kemudian 1.3730. Sementara “support” terdekat menunggu di 1.3540 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3480 dan kemudian 1.3440.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here