Rekomendasi GBP/USD 31Maret 2021: Menyerah pada Kuatnya USD

1445

(Vibiznews – Forex) GBP/USD jatuh dibawah 1.3750 ke sekitar 1.3719, dengan naiknya yields AS mendorong naik dollar AS juga. Berhasilnya kampanye vaksin Inggris hanya bisa membuat Sterling relatif sedikit lebih baik dibandingkan dengan matauang utama dunia lainnya.

Kesatuaan perkataan antara PM Inggris Boris Johnson, dan koleganya dari Jerman dan Perancis bahwa tidak ada satu orangpun yang aman (dari penularan Covid – 19) sampai semua orang sudah menjadi aman, telah membawa ketenangan dan mendukung Sterling. Keprihatinan mengenai pengiriman dari suntikan vaksin sekarang telah mereda.

Sekalipun kampanye imunisasi Inggris agak melambat, Inggris telah mencapai hampir 50% dari populasinya dengan paling tidak satu kali suntikan vaksin dan hasilnya jelas kasus dan jumlah pasien yang datang ke rumah sakit menurun. Terlebih lagi, pada hari Senin, London mencatat tidak ada kematian yang terjadi, pertama kalinya dalam tahun 2021.

Inggris bukan saja jauh melampaui Eropa, namun juga mengalahkan AS bukan saja dalam hal vaksinasi melainkan juga dalam hal tingkat infeksi.

Di pihak lain, dollar AS bergerak naik, bersamaan dengan naiknya yields obligasi AS. Usulan belanja infrastruktur yang dipresentasikan pada hari Rabu terdiri dari dua fase. Pada fase pertama kemungkinan belum dibicarakan mengenai kenaikan pajak yang baru. Hal ini berarti bertambahnya hutang, lebih banyaknya dikeluarkan obligasi dan karenanya kenaikan imbal hasil dari surat hutang AS.

Secara keseluruhan, dollar AS memiliki alasan untuk naik meskipun Inggris masih mungkin bisa bertahan melawan kenaikan dollar AS.

“Support” terdekat menunggu di 1.3700 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3670 dan kemudian 1.3642. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3780 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3820 dan kemudian 1.3845.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here