Rekomendasi GBP/USD 11 Februari 2022: Stabil Setelah Data CPI AS Dinilai Ulang

1000
London - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD berbalik naik lagi ke 1.3616 setelah sebelumnya sempat turun ke 1.3555 dari ketinggian 1.3580 begitu keluarnya data CPI tahunan AS. Dolar AS mengatasi semua rivalnya setelah data inflasi AS menunjukkan bahwa CPI tahunan AS melompat ke 7.5% di bulan Januari dari sebelumnya 7% di bulan Desember. Namun penurunan GBP/USD tidak berlangsung lama dengan pasar menilai ulang angka CPI tahunan AS tersebut.

GBP/USD sempat mencapai ketinggian selama 5 hari di 1.3591, namun kehilangan momentum bullish nya setelah muncul komentar yang berhat-hati dari Kepala Ekonom BoE Huw Pill mengenai outlook kebijakan BoE. Pasangan matauang ini memperoleh daya tariknya pada awal perdagangan sesi Eropa karena melemahnya dollar AS.

Pill mengatakan pada hari Rabu bahwa outlook dari tingkat bunga BoE tidak pasti pada bulan-bulan yang akan datang.

Sementara pasar memperkirakan CPI AS hanya naik 7.2%. Laporan ini adalah angka inflasi AS yang terpanas sejak tahun 1982.

Data ini masuk ke dalam kategori kebijaksanaan moneter AS yang hawkish, yang menginginkan dipercepatnya kenaikan tingkat bunga Federal Reserve secara agresif pada tahun ini. Yields treasury AS langsung naik tinggi setelah keluar laporan ini yang membuat GBP/USD berbalik arah turun. Namun penurunan GBP/USD tidak berlangsung lama dengan pasar menilai ulang angka CPI tahunan AS tersebut.

“Support” terdekat menunggu di 1.3520 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3500 dan kemudian 1.3450. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3620 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3650 dan kemudian 1.3680.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido.