Tutup Rabu, Harga Kopi, Gula, Kakao Turun

422
kopi, gula, kakao

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Kopi, Gula dan Kakao pada hari Rabu 12  Oktober  2022.  Harga  kopi, gula dan Kakao semua turun 

Indeks dolar AS kembali menguat menyebabkan harga komoditas turun 

https://www.vibiznews.com/2022/10/12/dolar-as-naik-tertinggi-24-tahun-terhadap-yen-setelah-ppi-as-meningkat/

Harga minyak mentah turun ke terendah 2 minggu. 

https://www.vibiznews.com/2022/10/13/rekomendasi-minyak-13-oktober-2022-masih-dalam-tekanan-turun/

Harga kopi Arabika  turun, ekspor kopi hijau naik   . Harga kopi Robusta  turun indeks dolar AS menguat    Harga gula turun mengikuti turunnya harga minyak mentah . Harga kakao turun cuaca di Afrika Barat baik untuk panen dan pengeringan biji. 

Inilah penutupan pasar pada hari Rabu  : 

Kopi 

Harga kopi Arabika Desember di ICE New York turun $8.10 (3.72%) menjadi $209.75 . Harga kopi Robusta Nopember di ICE London turun 1.11%. 

Harga kopi pada penutupan pasar hari Rabu turun. Harga kopi Arabika turun ke terendah 2 bulan. Indeks dolar naik pada penutupan pasar hari Rabu ke tertinggi  1 ½ minggu.   Ekspor kopi hijau September naik 7.1% dari tahun lalu menjadi 3.1 juta kantong menurut Cecafe.  

Gula 

Harga gula Maret di ICE New York turun 6 sen (0.32%) menjadi $18.68. Harga gula Desember di ICE London turun 0.61%. 

Harga gula turun pada penutupan pasar hari Rabu. Indeks dolar menguat dan turunnya harga minyak mentah sehingga  harga gula berjangka dilikuidasi.  

Harga minyak mentah turun ke terendah 1 minggu sehingga harga etanol turun membuat pabrik tebu mengurangi produksi etanol sehingga produksi gula naik. Persediaan gula turun. 

Kakao 

Harga kakao Desember di ICE New York turun $29 (1.24%) menjadi $2,318 per ton. Harga kakao Desember di ICE London turun 1.07%. 

Harga kakao pada penutupan pasar hari Rabu turun untuk hari ke tiga. Harga kakao di New York turun ke terendah 1 ½ minggu.  Cuaca di Afrika Barat sangat mendukung akan panen di Ivory Coast dan Ghana sehingga hasil panen naik dan dapat mengeringkan biji dengan baik.  

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting. 

https://www.vibiznews.com/2022/10/10/review-minggu-ke-i-bulan-oktober-kopi-gula-kakao/