Rekomendasi Minyak 5 Januari 2023: Turun karena Ketakutan Resesi Global

505

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Rabu, melanjutkan penurunannya dan diperdagangkan di sekitar $73.60 per barel.

Harga minyak mentah WTI turun lebih dari 3% pada hari Selasa dan melanjutkan penurunannya pada hari Rabu, karena meningkatnya keprihatinan akan berkurangnya permintaan minyak mentah dari Cina, dengan negara ini sedang bertempur melawan kasus – kasus Covid – 19 di tengah bertambahnya kekuatiran akan resesi yang mendunia.

Minyak mentah WTI menghentikan jalur kenaikannya di EMA 50 hari di $80.32 per barel. Kenaikan kasus Covid – 19 di Cina mengancam berhentinya permintaan minyak mentah di negara pengimpor minyak mentah terbesar di dunia.

Pada hari Minggu, Direktur International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan bahwa ekonomi global menghadapi satu tahun yang keras, lebih keras daripada tahun – tahun sebelumnya. Bertambahnya pengetatan bank sentral dan melemahnya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan oleh ekonomi dunia, membuat naiknya resiko resesi global.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $72.94 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $72.48 dan kemudian $71.47. “Resistance” yang terdekat menunggu di $73.95 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $74.50 dan kemudian $75.55.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.